Wednesday, October 18, 2006

Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Bathin

Seneng juga akhirnya lebaran akan tiba, berarti waktu mudik juga tiba, berati aku bisa pulang ke bondowoso he he he.... tapi aku juga sedih, lebaran tiba berarti ramadhan pergi. Kini nggak ada lagi corong masjid yang berkoar-koar jam 2 pagi buat bangunin sahur, kini jamaah sholat di masjid juga berkurang drastis :( Mau bangun buat sholat malam juga lebih berat karena dah gak ada acara sahur lagi. Tapi memang diakui kalo ada pertemuan, pasti ada perpisahan, tu dah dua hal yang mutlak.

Sekarang yang ada orang-orang pada sibuk persiapan buat hari lebaran. Mulai dari beli baju baru, beres-beres rumah, persiapan tiket buat mudik, cari ini dan itu, pokoknya bermacam-macam hal dilakukan demi menyambut hari kemenangan yang datangnya cuma sekali setahun ini.

Kini saatnya merayakan hari kemenangan. Tapi aku sendiri nggak bisa memastikan apakah ini benar-benar hari kemenangan atau bukan, sebab menurutku, hakekat kemenangan y ang sesungguhnya bukan karena kita berhasil menaklukan satu bulan berpuasa tapi lebih jauh dari itu RAmadhan seharusnya jadi moment buat kita melatih diri dalam menghadapi sebelas bulan yang kan datang. Jadi walaupun Ramadhan ibadah sukses, tapi nanti kalo dah keluar bulan Ramadhan kembali ke jalan yang tidak dibenarkan, bukannya tu sia-sia saja latihan selama satu bulan penuh ?

Trus selaini itu aku juga agak risih kalo denger pembicaraan orang-orang yang melarang kepada keburukan dengan alasan sekarang bulan ramadhan. Memangnya dosa tergantung sama bulan ? Memangnya kalo bukan bulan Ramadhan kita diberikan kebebasan untuk berbuat dosa dan kesalahan ? Hal ini membuatku ngerasa sedikit nggak nyaman karena banyak orang yang merasa mendapat legalisasi untuk berbuat dosa gara-gara sudah bukan bulan Ramadhan lagi. :(

Oh ya ... mungkin terlalu cepat aku meluncurkan edisi lebaran ini, sebab lebaran kan masih minggu depan, tapi gak masalah kan ? soalnya hari ini hari terakhirku aku ngantor sebelum aku mudik tanggal 20 nanti, jadi mumpung ada kesempatan, ya dimanfaatkan donk .....

****

Tapi beberapa hal yang membuat aku cemas adalah mampukah aku membuat yang 11 bulan sebaik bulan Ramadhan ? jawabannya ada pada satu hari menjelang Ramadhan tahun depan. Dan aku sangat berharap aku masih menjumpai Ramadhan tahun depan agar aku bisa merasakan manisnya beribadah. Tapi satu hal yang aku pegang, bahwa rahmat Allah tidak hanya turun dai bulan Ramadhan, bulan Ramadhan Allah mencurahkan rahmatnya, tapi diluar bulan Ramadhan Allah masih tetap Maha Pengasih dan PEnyayang yang selalu dan senantiasa mencurahkan rahmatnya ke seluruh penjuru alam.

Akhirnya saya pribadi mengucapkan SELAMAT IDUL FITRI 1247 H, Taqobalallahu Minna Waminkum, Minal Aidin Wal Faidzin, Mohon MAaf Lahir dan Bathin .... Maafkan atas lisan yang tak terjaga, perilaku yang tak terkendali, dan prasangka yang tak tahu diri. Maafkan semua salah dan khilaf saya ya ..... Seburuk apapun diri saya, seburuk apapun segala sesuatu yang berasal dari saya, saya mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya .....

No comments: