Wednesday, November 8, 2006

cerita mudik 2006

Akhirnya waktu yang telah lama aku nantikan tiba sudah. Ya, kini waktu mudik telah tiba. Kali ini adalah mudik kali pertamaku. Kali ini aku benar-benar anggap mudik walaupun sebenarnya ni dah kali ke 4 aku pulang kampung setelah 3 tahun aku di Malang. Kenapa aku sebut ini mudik pertama ? ya gampang aja, kalo dari Malang mau ke Bondowoso kan gampang banget, gak perlu macet di jalan, gak bisa lihat orang yang begitu semangatnya pulang kampung. Nah, mudik kali ini kan pertama kalinya aku pulang dari Cikarang, dan melewati jalur mudik yang pastinya tiap tahun selalu rame.

Setelah menuntaskan kewajiban tugas di kantor pada hari kamis pagi jam 8, yang terbayang dalam ingatanku saat itu hanya bayangan suasana kampung halaman yang selama ini aku rindukan. Wah... pasti senang nanti begitu mudik. Pikirku saat itu. Akhirnya hari itu juga, aku dengan sahabatku ke Lippo Cikarang cari tas baru karena aku kudu balikin tas yang sudah selama ini aku pinjam dari OOm ku. Yah, mau nggak mau harus beli tas baru neeh ... :)

Akhirnya sesuai dengan rencana, aku akan memulai perjalanan Jum'at malam tanggal 21 Oktober 2006. Seperti yang telah kami sepakati ( aku dan tante ) kami akan berangkat jam 10an dari Cikarang. Kalo tanteku seeh berangkat dari Tangerang abis Isya tapi berhubung jalanan pasti macet ya jadi sampe Cikarang ya jam 10an dech belum lagi om dan tanteku harus mampir juga ke Bekasi buat 'ngambil' rombongan yang bakalan mudik bareng. Ternyata benar, jam 1/2 8 sepupuku telpon katanya baru berangkat, nanti mau telpon lagi kalo dah nyampe pintu tol cikarang, sekaligus pesen aku suru tidur aja gak usah nunggu di pinggir jalan. Akhirnya aku sholat taraweh seperti biasa. Kali ini diimami oleh kang parmind. Selesai sholat, yang lagi kebagian jaga malam itu ya ke kantor buat jaga. Sedangkan aku ya langsung aja tidur, ngumpulin tenaga buat pulang kampung. Akhirnya aku tidur. Sempet terbangun lihat jam jam 1/2 10. Ah... masih lama pikirku dan akhirnya tidur lagi. Sempet bangun lagi juga masih jam 1/2 10 sampe akhirnya aku terbangun oleh telepon tanteku yang bilang dah ada di jalan depan kontrakannku. Tapi jam masih saja jam 1/2 10. Usut punya usut, ternyata jam-nya dah kehilangan dayanya alias baterenya mampus !

Kuhampiri mobil kijang kapsul tahun 2003 warna silver yang nanti akan mengantarku ke Bondowoso kota tercinta sambil membawa sebuah tas punggung penuh muatan. Masuk ke mobil, aku dapat bangku di tengah sebelah kiri dekat jendela. Wah beruntungnya aku. Di depan ada oom sama tanteku, di tengah ada aku, adik, dan adik ipar oomku yang dari bekasi sekaligus seorang anak kecil berumur 4 tahun. LUmayan, cukup lega kok. Tapi dibelakang, ada 2 orang sepupuku masing2 kelas 4 dan 8 dan satu orang lagi yang masih sodara dengan oomku. Wah, nampaknya dibelakang jauh dari kesan nyaman, yang ada sempit, sumpek, panas, kan kumpul juga sama barang2 yang menggunung.... kasihan mereka ... tapi kata oomku seeh itu bagus buat pelajarang sosialisasi buat kedua sepupuku itu. Belajar susah katanya.

Perjalanan dimulai, keluar pintu tol cikarang barat, aku dah bisa lihat antrean kendaraan yang begitu panjang, dan memang seperti itu kata oomku mulai dari tangerang. Akhirnya menjadi salah satu anggota antrean ekstra panjang di ruas tol jakarta cikampek wuih .... cape dech .... Keluar pintu tol disambut dengan menyempitnya jalan negara, disambut pula oleh kerumunan konvoy pemudik yang mudik dengan motor. Kali ini kalo aku coba hitung ya dah mencapai ribuan kali ya ... Kalo aku coba amati, saat itu, justru kendaraan beroda empat yang ketakutan menghadapi si roda dua yang salip sana salip sini asal nyelip gak karuan.

Sepanjang perjalanan yang banyak adalah pengendara motor yang tak kenal lelah menelusuri jalanan sepanjang pantura. Di tiap SPBU atau rumah makan atau Masjid, suasana seperti pasar malam yang dipenuhi oleh pengendara motor yang beristirahat sejenak sebelum melanjurkan perjalanan. Laju mobil nggak bisa maksimal, lantaran jalanan yang luar biasa ramai plus pengendara motor yang kadang ugal-ugalan menunutut perhatian ekstra. Akhirnya sampe di suatu tempat yang aku lupa apa namanya untuk istirahat sambil makan sahur. Akhirnya perjalanan dilanjutkan lagi. Berhenti lagi buat sholat shubuh dan memberi keesempatan buat oomku untuk tidur sejenak.

PErjalanan dilanjutkan, kali ini benar2 melelahkan, masalahnya kita gak bisa tancap gas maksimal lantaran jalanan rame banget rasanya ngelewati satu kota tu nggak ada habisnya. Yang namanya Indramayu tu panjang banget, yang namanya Cirebon jauh banget jadi rasanya suntuk banget. Cape de .... Akhirnya Jawa Barat lewat ... alhamdulillah. Sampe di Pemalang, secara nggak sengaja, kebetulan jalur arah berlawanan sepi banget, oom ku nggak sengaja lihat pengen dara motor yang ambil jalur kanan secara tiba2 dengan kecepatan tinggi yang akhirnya bruak ! menambrak bus dari arah berlawanan dan sempet terseret sampe 10 meteran. Dua orang pengendara motor itu tergeletak di jalan bergeliman g darah segar yang mengucur deras dari kepalanya. Nampak motor dah hancur (roda lepas dari motor dan penyok berat) helm yang dipake dah gak kaya helm lagi. Sempet aku lihat bagaimana salah satu korban dipinggirkan namun darah segar masih mengucur deras dari kepalanya. Dan yang paling mengenaskan, satu korban yang lain masih sekarat di tengah jalan sambil bermandikan darah nampaknya masih kejang2 gitu tangannya juga nampaknya dah terlepas ... masyaAllah Innalillahiwainnailaihi Roji'un.... kejadian ini langsung menghilangkan rasa kantukku dan berganti dengan perasaan yang gak karu-karuan. Malah sepupuku yang kelas 4 sempet ngangis lihat kejadian itu.

Akhirnya sampe juga di Kendal buat sholat Dhuhur dan istirahat siang. Dan setelah perjalanan yang panjang dan melelahkan, sampe juga di Sragen, tempat dimana rombongan yang dibawa dari bekasi turun. Setelah istirahat satu jam-an. Akhirnya kami meluncur kembali ke Kota Malang. Waktu dah menunjukkan jam 7 malam. Padahal biasanya jam 12 siang tu dah nyampe. Akhirnya Jawa Tengah lewat, masuk Kab. Ngawi, Caruban, Nganjuk, Kertosono. NAh mulai dari sini rasa kantuk yang luar biasa mulai mendera kami. Sekaligus karena takut kita tersesat, maka di setiap pertigaan yang kami lalui kami selalu berhenti buat tanya arah biar gak kesasar, maklum dah malam. Akhirnya dengan perjuangan yang keras sampe juga di Pare terus ke Kasembon, dan akhirnya ke Pujon. Nah di daerah ini lah menuntut konsentrasi tinggi dari pengemudi yang sebenarnya dah ngantuk berat. Aku aja yang sebelumnya dah tidur gantian sama tanteku nemeni oomku dah kadang2 setelah memejamkan mata buat kedip tu malah jadi tidur nah gimana si driver yang mulai kemaren kudu drive terus .... salut dech buat oom yadi ... Semenjak dari Pare, kami mulai sering berhenti buat istirahat dan penyegaran sejenak mengusir ngantuk, malah begitu di Pujon, kami hampir tiap 5 menit tu berhenti. Aku lihat oom ku keluar sejenak terus lari2 kecil. Biar gak ngantuk katanya. Namun semangat yang dipompa dengan lari2 kecil sejenak itu drop lagi setelah 5 menit dan akhirnya ya berhenti lagi. Tapi akhirnya kami tiba di Kota Malang jam 2 pagi. Bayangkan 30 jam di jalan ..... :(

Akhirnya kami makan sahur terus tidur buat melanjutkan ke Bondowoso. Di Malang seeh sebenarnya mapir sekaligus jemput oomku yang di Malang yang mau mudik juga ke Bondowoso. Setelah sahur, akhirnya semua tertidur pulas, malah aku yang niat mau sholat shubuh dulu malah ketiduran juga. BAngun jam 6 langsung sholat, karena pikiran masih error eh, malah salah kiblat, aku sholat ngadep ke Selatan. Waduh error neeh :D Akhirnya sekitar jam 8 tata-tata barang bawaan lagi. Kali ini barang bawaan lebih banyak dari yang dibawa keluarga dari BEkasi yang turun di Sragen. Di Bagian belakang, 50% isi barang. Sekarang di tengah ada oom, tante, sama pembantunya plus adek kecil umur hampir 2 tahunan, dibelakang, ada barang setinggi gunung, aku, sama dua adek sepupuku. Wiuh..... sempit .... tapi ya nggak masalah lha wong perjalanan tinggal 4 jam lagi....

Akhirnya meluncur ke kota tercinta dan akhirnya sampe juga dengan selamat di Bondowoso pada hari minggu jam 2 siang. Cape de .... akhirnya perjalanan usai ... :)

Cerita Lebaran di Bondowoso

Kemuargaku kebetulan ikut lebaran hari senin, pertimbangannya seeh sederhana, kami mengikuti perhitungan dari Muhammadiyah dengan rukyah. Kata bapakku seeh kalo pake perhitungan tu bisa lebih ilmiah, masa kecepatan bulan bisa melambat, kalo masalah gak kelihatan tu kan mungkin bisa jadi karena tertutup awan atau keterbatasan indra kita. Wallahualam bishowab. Sholat Ied di lapangan dekat rumah terus pulang sungkeman dan melanjutkan aktifitas persiapan buat lebaran. Maklumlah, tetangga baru lebaran hari selasa, malah di keluarga besarku lebarannya nggak sama, jadi kita buat kesepakatan, perayaannya hari selasa aja, menghormati yang masih puasa hari senen.

LEbaran berlangsung seperti biasa, sangat menyenangkan. Rutinitas tiap tahun juga kembali di jalankan. Silaturahim jalan terus. Kali ini yang beda, saat orang2 tanya sama aku sekarang dimana, ya jawabannya ya sedikit membuat ortuku bangga. "Wis kerjo saiki wahyu pak, saiiki neng Jakarta".... wah senangnya bisa memberikan senyuman pada mereka.

Suatu malam sahabatku yang di Cikarang menelpon bicarakan masalah kuliah, katanya insya4JJ November ini kita akan ambil kuliah. Makannya sahabatku tadi kasih info masalah uang pendaftaran dan persyaratan yang harus dilengakapi. Ya, akan aku siapkan. Tapi tentunya minta bantuan orang tua... maklum masih baru 2 kali terima gaji. Gak cukup buat uang gedung. he he he he

Menunggu hari kepulanganku tanggal 31 aku isi dengan silaturahim dengan teman2 seperjuangan yang satu tanah air dari bondowoso yang kini dah berpencar mencari masa depan masing2. Sesuai rencana, aku berangkat dari Malang dengan GAjayana. Tiket dah dibelikan Oom ku yang di malang sebulan sebelumnya. Makasih ya Oom..... Pertimbanganku berangkat dari Malang soalnya sekalian mau ngambil barang2ku (barang2 yang ada di kostku dulu sewaktu aku sekolah SMK) yang selama ini masih nginep di tempat Oomku yang di Malang.

Akhirnya menuju stasiun jam 1/2 3 sambil menunggu kereta yang belum juga masuk jalur, ya puas2in aja ngumpul bareng ortu. Sampe akhirnya saatnya berpisah datang juga. Aku dah duduk nyaman di bangku nomor 5D di Gerbong 6 KA Gajayana Jurusan Malang Jakarta. Setelah bersalaman sekaligus minta doa, keluargaku yang mengantarku keluar kereta dan menunggu di luar sampe kereta mulai menginggalkan stasiun. Akhirnya lokomotif mulai menarik gerbong-gerbongnya, tak terasa tiba2 aku pengen meneteskan air mata saat menatap wajah kedua orang tuaku yang seolah menitipkan segudang harapan di pundakku. tak tega rasanya ... sedih campur haru campur bahagia saat itu yang aku rasa ....

Akhirnya kereta memisahkan kami, dengan sebuah janji dalam diriku ... Aku akan berusaha untuk tidak mengecewakan mereka ....