Wednesday, September 16, 2009

i'tiqaf hyuk ...

ceritanya kemarin saya lagi merenungkan status di fb saya beberapa waktu lalu diawal bulan ramadhan tahun ini, kurang lebih isinya "Ngaji 1 jus di kosan lebih berat dibandingkan 3 jus di lantai 13 sarinah thamrin" sambil saya koreksi ya ... harusnya juz bukan jus *emang jus alpukat ... jiakakakkkk ...
nggak perlu saya jelaskan kan maksudnya ... he he he ... bagi yang belum paham maksud saya ya itu derita anda ... :P pokoknya kalo ngaji di lantai 13 sarinah thamrin berjam-jam pake acara bayar puluhan ribu mah nggak bakal ada bosennya ... tapi coba kalo ngajinya di rumah ... bisa 1 jam ajah sudah luar biasa ...
nah hari itu hari sabtu, dari pagi nggak ada kegiatan kecuali siang-siang ke tanah abang buat cari baju koko. yang ini amanat orang rumah, tau ajah kalo saya ndak punya baju koko, makanya maksain suru beli, atau kalau nggak saya harus merelakan saya mengenakan gamis panjang yang modelnya kaya daster itu ntar pas lebaran ... ooohhhhh tiiiidddaaaakkkkkkkk ...
ok ok, kembali ke topik, jadinya sore itu saya kepikiran sama status yang satu maksud di atas tadi. dan disinilah pikiran bener saya merasuki saya ... eng ing eng ... wahyu, ini udah masuk 10 hari terakhir, sekarang tanggal 22 ramadhan, besok tanggal 23, artinya nanti malem malem 23, salah satu malam ganjil, salah satu malam dimana lailatul qodar diturunkan ... hayuk bergegas ke masjid buat i'tiqaf besok minggu libur juga kan ... ...
serasa petir menyambar jedeeeerrrrrrrrrrrrrr ... apalagi dibelakan kalimat tadi pikiran gak bener saya juga tak kalah bersuara ... wahyu, ke lantai 13 ajah, bukannya masih ada voucher gratis, gedung sarinah tu salah satu gedung tua di jakarta, semoga kalo rubuh kena gempa dan kamu ada disana jadinya mati syahid sebagai syuhada' ...
oohhhhhhh tidaaaaaaaaakkkkkkkkkkk ... akhirnya saya menganalisa untuk memutuskan apa yang harus saya lakukan ...
- siang ini saya sudah terlalu banyak tidur, kalo kondisinya gini, malemnya saya dipastikan nggak akan tidur sebelum jam 12 malam
- besok adalah hari libur, nggak ada kegiatan pula ...
- kalo saya bisa tahan 24 jam tanpa tidur, lantas mengapa selama 18 jam saya nggak mampu untuk terjaga ...
jadi hal diatas jika disimpulkan merupakan 'panggilan' Allah buat saya, panggilan khusus dimana saya akan dijamu olehNya
akhirnya setelah tanya sana sini, berangkatlah be3 sama selir-selir saya ke salah satu masjid di salah satu gedung di kebon sirih yang biasa mengadakan kegiatan i'tiqaf. berikut ulasan kegiatannya :
pertama, registrasi di sekertariat. cuma disuruh nulis nama dan dikasi kupon buat makan sahur. diminta untuk memberikan infaq seikhlasnya. mas panitia nggak bilang berapa nominal minimumnya, "terserah mas ajah, bisa 5 rb, 10rb seikhlasnya" ... waktu itu saya menyodorkan selembar 20ribu-an, otomatis mas nya nanya, "berapa mas yang mau diinfaq-kan ?" waduh disini ternyata apa yang dibilang ustadz waktu kajian di kantor saya terbukti nyata. kajiannya kurang lebih isinya kalo di dompet ada selembar 100K dan 50K maka yang akan masuk kotak amal adalah yang 50K, kalo ada 50K, 10K, dan 5K maka tanpa pikir panjang yang masuk ke kotak amal adalah yang 5K, dan kalo ada 5K dan 1K maka ... udah akh nggak usah saya lanjutkan ... nggak enak, nanti ada yang tersinggung :p :p :p ... Nah, ternyata saya termasuk golongan yang parah, duit yang cuma selembar, tanpa ragu saya bilang "10ribu ajah mas infaqnya" sambil menyodorkan uang 20ribuan, "ini mas, kembaliaannya" ... masyaAlloh, kikirnya saya ini, padahal buat ke lantai 13 sepuluh kali lipat dengan ringan saya layangkan ... hhhmmmppphhhh ...
dan selanjutnya kegiatan adalah kajian shiroh sababat trus tahfidz quran dan selebihnya kegiatan individual sampai jam 2 dilakukan sholat malam berjama'ah lalu dilanjut makan sahur.
ada kejadian yang menurut saya penting, jadi waktu pembagian hidangan sahur saya lihat ada dua model, yang satu nasi box dan yang satu lagi nasi bungkus yang kalo dilihat cara bungkusnya dapat dipastikan kalo itu nasi padang. nah secara insting kerakusan saya, saya berharap untuk dapat nasi box dunk ... harapanya makannya nggak susah trus secara penampilan lebih menarik. namun yang terjadi adalah antrean di depan saya adalah jamaah terakhir yang dapat nasi box artinya saya dengan petugas disodori nasi bungkus. berat rasa hati ini mengucapkan "alhamdulillah", dalam hati saya ngedumel lha kok saya dapet jatah beginian dan begitu saya buka isinya sebenarnya sangat-sangat layak bahkan kalau dihitung dengan apa yang saya infaq-kan waktu registrasi dapat dikatakan saya 'untung', tapi secara masih diiringi dumelan saya, saya jadi kehilangan kenikmatan apa yang telah Allah berikan kepada saya. hingga pada satu saat saya tertegun, tiada satu kejadian pun kecuali atas ijinNya, termasuk apa yang saya dapatkan pagi itu. rupanya Alloh sedang mengajarkan kepada saya ilmu yang selama ini belum juga saya kuasai yaitu ilmu keikhlasan, ikhlas untuk dapat menyikapi setiap kejadian dengan lapang, dan bagaimana nanti saya bisa menghadapi hal yang lebih besar kalo cuma masalah nasi padang ini saya gak lulus ...
rupanya kejadian saat registrasi dan sahur adalah jamuan terindah yang saya dapatkan di saat i'tiqaf pertama saya ini.
beberapa tips yang mungkin berguna buat yang ingin hadir di jamuan i'tiqaf :
- siapkan fisik, pastikan tubuh fit. jangan sampai i'tiqaf hanya pindah tempat tidur dari di rumah jadi di masjid, sayang kan kalo ke masjid cuma buat tidur, banyak hal lain yang bisa dilakukan
- karena kita akan menghabiskan malam di masjid yang notabene ruang terbuka yang biasanya dingin, siapkan pakaian yang nyaman, kalo mudah masuk angin usahakan minum tolak angin atau gimana lah caranya supaya tubuh tetap nyaman. hanya dengan tubuh yang nyaman kita bisa nyaman beribadah
- jangan lupa bawa alat mandi, minimal untuk kebutuhan kebersihan wajah dan kesehatan mulut, sebab biasanya i'tiqaf diakhiri oleh sholat subuh, nah kebayang kan 'kesegaran' semalaman begadang trus sholat shubuh hanya dengan berwudhu tanpa gosok gigi dan cuci muka pake sabun muka ...
- sering-seringlah wudhu terutama waktu ngantuk mulai menyerang ...
demikian, terima kasih ...

2 comments:

Pinkina said...

tumben postinganmu apik Le

wahyukurnianto said...

lha sampeyan neng endi ae selama iki ... :p