Sunday, September 10, 2006

Hidup jadi indah saat kita bisa memaknai hidup

Begitulah kehidupan, segalanya terkadang penuh dengan misteri yang tak terduga sebelumnya. Bahkan tak pernah sekilas terlintas di benak kita. Benar menurut seniman Sudjewo Tedjo, "Bukan Tuhan namanya kalo mudah di tebak" tapi masalahnya sekarang apakah kita bisa mengikuti kejutan-kejutan yang Tuhan berikan? Kalo kita bisa menerima dah tetap berusaha berfikir positif tentang apa yang Tuhan tetapkan atas diri kita tentunya tidak akan menjadi masalah. Namun, jika yang terjadi sebaliknya alias kita malah menyalahkan Tuhan atas hal yang terjadi dengan diri kita dan salah dalam memaknai hidup, maka malapetaka akan menimpa diri kita.

Mungkin bukan malapetaka dalam arti musibah atau semacamnya (walaupun bisa jadi seperti itu juga) tapi saat kita membangun pikiran negatif atas ketetapan Tuhan, disitulah malapetaka yang sebenarnya terjadi. Maka kalo mau kita jujur, sebenarnya kita akan berada di dalam kegalauan hati dan terjebak serta terikat oleh pmikiran kita yang kotor itu. Bukan mau sok alim atau mau munafik, jujur saja diri saya sendiri sering terjebak oleh keadaan ini. Dimana banyak hal yang terjadi tidak berhasil dimaknai justru yang terjadi adalah kita semakin terpuruk oleh keadaan yang seharusnya kita nggak patut terjebak dalam peristiwa itu.

Tapi sat kita bisa memaknai dan berpikir positif akan hal yang terjadi, maka sepahit apapun maka akan terasa manis. BUkannya manis pahitnya sesuatu tergantung pada suasana hati ? Kalo hati kita nggak terjebak dengan apa yang terjadi dan justru berfikir positif pasti akan ada sesuatu yang manis setelahnya, maka kedamaiannlah yang didapat. Sekarang masalahnya ada pada mampu atau tidak kita bersabar dalam menghadapi semua ?

Satu hal lagi saat kita memaknai hidup, pastilah kita secara manusiawi pasti akan menerka-nerka hal apa yang akan terjadi, maka jika kita terikat oleh belenggu peristiwa dan salah memaknai sesuatu, dan berpikiran buruk tentang hal yang akan terjadi, maka hahl buruk itulah yang akan terjadi. TApi sebaliknya jika kita berpikir positif, maka hal positiflah yang akan terjadi. Ada satu kata yang pernah saya dengar bahwa Tuhan berserta prasangka ummatNya. Sudahkah kita berprasangka baik terhadapNYA ? Kalaupun yang terjadi nggak sesuai dengan keinginan berarti Tuhan menjanjikan sesuatu yang lebih baik dari apa yang kita bayangkan.

No comments: