Tuesday, May 11, 2010

Bapak lagi ngapain ? [part 1]

Beberapa waktu lalu denger di radio kalo Tarif Dasar Listrik (TDL) mau dinaikkan. Nggak tau lagi dey rencana itu sudah jalan atau belum. Yang jelas saya pernah liat headline sebuah Surat Kabar (entah saya liatnya dalam dunia nyata atau lagi mimpi) yang tulisannya "Tarif Listrik naik 10%" dan saya nggak berani lagi membaca lanjutan berita tersebut saya nggak mau sakit hati apalagi kepikiran dampak kenaikan tadi. Dan saya beruntung nggak ada TV di kosan saya jadi nggak bisa nonton berita khawatir ada berita yang sama.

Wow, saya nggak tau siapa yang mau dinaikin listriknya yang saya cuma tau kalo ada kenaikan listrik sedikit saja, biaya hidup biasanya solider dan nggak rela kalo ndak ikut naik. Hanya ada satu hal yang biasanya nggak mau ikut-ikutan naik. Apalagi kalo bukan gaji. Biasanya seeh begitu. Listrik naik, biaya hidup naik tapi gaji nggak ikut naik. Mungkin yang naikin listrik cuma bisa bilang "ya itu derita loe, salah sendiri jadi kuli"

Bapak lagi ngapain ? Kalo lagi bikin lagu, coba dey tanya sama beberapa orang yang dulu begitu memuji bapak dan memilih bapak, bagaimana kesejahteraan yang dulu bapak janjikan itu.

Trus diwaktu yang sama saya juga dapat email yang isinya price list biaya pendidikan S2 di salah satu Universitas Negeri ternama yang dosen-dosennya adalah pegawai negeri yang digaji pemerintah. Tercekat tenggorokan ini waktu liat deretan 8 digit angka. Amazing, angka-angka yang ada di lembar yang lagi say aliat nggak jauh beda dengan lembaran yang isinya penawaran kredit tanpa agunan sebuah bank nasional.

Dan karena kekuperan saya, saya baru tahu kalo ternyata biaya kuliah S1pun nggak jauh beda dari yang saya lihat tadi. Saya jadi mikir, kalo sekolah swasta wajar dengan biaya selangit karena mereka memang swadana dalam menyelenggarakan pendidikan. Lha ini, sekolah negeri, pengajar dan staf nya adalah pegawai negeri yang digaji pemerintah lha kok biayanya MasyaAlloh.

Bapak lagi ngapain ? Kalo bapak lagi nonton bola di senayan, coba dey tanya sama salah satu suporter yang masih mahasiswa gimana derita jadi mahasiswa miskin. Mungkin jawabannya "Nggak perlu pinter untuk jadi mahasiswa, yang penting itu kaya. Mau otak geblek tapi kalo duit tebel ya nggak ada masalah untuk jadi mahasiswa di universitas ternama"

Saya juga tiap hari masih sering liat manusia gerobak dan manusia emperan toko yang berkeliaran di kawasan ring 1, nggak jauh dari Istana Kepresidenan. Apalagi kalo malem menjelang jam 9-10 malam, pasti yang bejejer di parkiran jalan sabang itu bukan mobil, tapi gerobak-gerobak dan orang-orang yang mulai menggelar persiapan perlabuhannya ke dunia mimpi.

Bapak lagi ngapain ? Coba dey bapak sebelum tidur malam atau pagi setelah subuh jalan-jalan tanpa pengawal. Nggak perlu jauh-jauh, ke seputaran sabang saja. Nggak jauh kok dari Istana. Kalo bapak nggak suka jalan kaki bapak pake sepeda ajah. Bapak punya sepeda kan ? Kalo susah ya boleh lah pake mobil. Tapi jangan pake pengawal ya …

Beruntung saya sekarang nggak ada TV jadi nggak lagi liat kalangan elit negeri ini yang lagi gontok-gontokan. Saya prihatin, rasanya kalo energi yang kepake buat gontok-gontokan itu dipake buat ngebersihin kali ciliwung pasti akan membuat jakarta lebih nyaman dan bebas banjir tentunya.

Bapak lagi ngapain ? Bapak muslim kan ? Bukannya menegakkan amar ma'ruf nahi munkar itu wajib hukumnya bagi setiap muslim ? Kenapa bapak hanya melihat saja ? Selemah-lemahnya iman itu kalo melihat kemungkaran itu hanya diam saja dan berusaha merubah pake doa lho … tapi saya yakin bapak bukan hanya diam.

Oia, saya lupa. Opini yang berkembang di masyarakat tentang bapak kan bapak bukan orang yang suka gegabah dalam mengambil keputusan tapi yang saya herankan kenapa bapak bisa cepet banget menanggapi kasus ancaman bom di daerah sekitar rumah bapak yang saya dengar dari radio nggak pernah terkena pemadaman bergilir itu.

Bapak juga bisa cepet banget buat konferensi pers sampe sampe bapak ditipu mentah mentah sama orang-orang kepercayaan bapak yang kasi foto-foto yang nggak valid tentang latihan militer. Karena saya yakin bapak bukan tipe penipu publik kaya artis-artis sinetron yang gossipnya minta ditayangin terus di infotainment.

Bapak juga bisa cepet ngluarin duit 6,7 Trillyun buat nalangi dana orang-orang kaya tapi berat banget ngluarin dana buat korban lapindo. Memang siih yang salah Lapindo, jadi harusnya nggak pake duit negara, tapi bukannya bapak yang bilang kalo Lapindo itu bencana alam CMIIW. Kesian dey mereka Pak, kalo bapak lagi lewat sana, coba nggak usah pake AC mobilnya, terus jalannya jangan di sterilisasi dulu. Pasti bapak bete berat lewat sana, seolah ada aura memarahan yang tak tersalurkan. Tapi saya yakin bapak bukan muslim yang dzolim.

Bapak lagi ngapain ?

*) Jika kamu melihat satu kemungkaran, maka ubahlah dengan tangan(kekuasaan)mu. Jika kamu tidak sanggup maka ubahlah dengan lisanmu, dan kalo masih nggak sanggup juga ubahlah dengan hati(doa)mu dan ini selemah-lemah iman.
*) Saya khawatir tulisan saya akan menimbulkan hal yang nggak baik, saaya hanya berusaha menunaikan amanah Alloh pada diri saya untuk menegakkan amar ma'ruf nahi munkar dan saya harus berpuas diri hanya bisa melaluui tulisan. Setidaknya saya nggak cuma berdoa.
*) Alloh tidak akan merubah nasib suatu kaum selama kaum itu tidak berusaha merubahnya sendiri.

No comments: