Thursday, January 18, 2007

darat, laut, dan udara ... jayalah Indonesia

Akhirnya lengkap sudah tragedi transportasi di negeri ini. Diawali dengan tenggelamnya KM Senopati Nusantara, hilangnya Adam Air, nah kini musibah datang dan melanda dunia perkeretaapian dengan anjloknya sebuah rangkaian KA di Jawa Tengah. SO lengkap sudah derita transportasi negeri ini. Darat, Laut, dan Udara semua gak aman, semua kini berbahaya.

Coba kalo dipikir, dalam masalah ini gak ada yang benar dan alias semua bertanggung jawab. Contoh gampang, saat anda mengantri busway dan tangan petugas busway sudah melarang anda masuk, berapa kali anda melanggar ? Kalau ada suatu penerbangan yang ditunda karena cuaca buruk, berapa dari anda yang marah-marah dan kecewa ? Jika anda tidak diangkut oleh suatu pelayaran padahal kapal masih terlihat lengang, bukannya anda akan berusaha mencari celah agar bisa terangkut ? atau coba lihat betapa 'nyamannya' bus kota dengan fasilitas mandi keringat gratis dan sauna hemat energi dan betapa 'lengangnya' KRL karena penumpang banyak yang naik di atap kereta ... he he he

Seketat apapun pemerintah menerapkan aturan transportasi kalau masyarakat masih mengutamakan waktu daripada menjaga nyawa dan keselamatan, maka daftar panjang kecelakaan transportasi negeri ini tidak akan pernah berakhir.

No comments: