Monday, April 28, 2008

The Jungle Water Adventure

Judulnya sengaja nggak disamarin dengan "main air" dengan tujuan supaya nanti kalo ada yang mo ke The Jungle tapi nggak tau informasi lengkapnya dan cari di tante Google, nanti biar nyasar ke tempat ini. Secara kalo mo searching tutorial tentang the jungle masih rada susah. Demikian sekilas info sodara sodara ...

Berawal dari keisenggan beberapa minggu lalu di perjalanan Jakarta-Nganjuk di atas Bangunkarta. Seperti biasa nafsu kekanak-kanakan kretek12 jakarta kambuh. Kalo ini targetnya maen air di wahana air The Jungle Water Adventure. Akhirnya rencana disusun dan berhasil dilaksanakan dengan sukses.

Dan cerita sekaligus panduan perjalannya bagi pembaca terangkum dalam tulisan berikut ini ... Berikut berita selengkapnya ...

Dari Jakarta menuju The Jungle sebaiknya mencari kendaraan yang mengarah ke Bogor [he he he ... lokasi the jungle ada di bogor]. Bisa pake kendaraan pribadi, pastinya. Secara saya tinggal di Jakarta dengan kantung pas-pasan dan tanpa mobil pribadi, jadi naeknya KRL saja. Berangkat pake KRL sebaiknya pagi dan menyesuaikan dengan jadwal KRL yang ada. Silakan pilih KRL Ekonomi (2.5K), AC Ekonomi (6K), atau Express Pakuwon (11K). Dan saya dan teman-teman memilih pake Express Pakuwon berangkat Gondangdia 7.30, tapi telat [sayanya yang telat] jadi pake Pakuwin yang jam 8.19, dan ini On Time lho ternyata ..... [hari itu hari minggu].

Sampai di stasiun Bogor silakan cari angkot 02 yang mengarah ke BTM [Bogor Trade Mall] atau kebun raya bogor [KRB] di depan taman topi. Ada baiknya sebelum keluar stasiun tanya sama petugas stasiun jadwal kereta arah Jakarta untuk balik sore harinya. Sampai di depan BTM, silakan menyeberang jalan dan cari angkot 04 yang mengarah ke The Jungle atau SMA 04 Bogor, nanti turun di jalan pintu keluar kompleks Bogor Nirwana Residence. Perlu diketahui, The Jungle ada di kompleks perumahan Bogor Nirwana Residence, mirip Lippo dengan waterboomnya. Masuk saja kearah perumahan atau tunggu Shuttle bus yang biasa mondar-mandir. Dan ingat, supir shuttle busnya baek banget lho ... soalnya kita dianter sampe areal the jungle gratis ... ;)

Masuk areal, silakan cari loket penjualan tiket. Silakan beli sesuai dengan jumlah rombongan. Jangan terkejut kalo nanti ada tambahan 15K untuk deposit "smart tag". Walaupun di lokasi tidak terpampang dengan jelas atau dijelaskan dengan detil oleh petugas tentang apa itu smart tag, namun belajar dari pengalaman, maka akan saya jabarkan apa itu smart tag, sebatas apa yang saya rasa, dengar, dan lihat ....

Smart Tag adalah semacam token warna hijau yang dipasang di sebuah gelang karet yang cukup digelangkan di lengan. Sebaiknya jangan di kalungkan di leher, soalnya nanti pasti kecekik, diameternya cuma cukup buat tangan soalnya. Tag inilah yang digunakan untuk masuk ke areal kolam dan wahana air. Tepatnya hanya untuk membuka akses pintu masuk. Untuk masuk ke areal the jungle, nanti diminta tag dan nota bukti pembayaran. Petugas akan membantu membuka pintu [palang yang ada di busway atau swalayan itu lho ...] dengan menggunakan tag yang dimaksud. Walau bisa untuk membuka palang masuk, tapi bukan itu fungsi dari smart tag sebenarnya.

Smart Tag sebenarnya adalah 'uang' yang berlaku dibeberapa counter atau wahana the jungle. Kita sebelumnya harus 'mengisi' Tag dengan membayar sejumlah uang ke counter khusus (ada di depan ruang ganti) dan smart tag tadi otomatis bernilai sejumlah uang yang kita setorkan.

Tujuannya ternyata supaya kita nggak kerepotan membawa uang cash atau untuk transaksi secara semua barang-barang berharga ditaroh di loker yang hanya bisa sekali kunci dan buka, kecuali kita mo beli koin untuk membuka loker dan mengunci kembali.

Oia, untuk bisa menggunakan loker, mesti bayar 5K untuk 1 koin yang bisa digunakan untuk mengunci loker sebanyak 1 kali. Authentifikasi untuk mengunci loker selain pake kuci juga harus pake koin seharga 5K tersebut.

Silakan ganti baju di ruang ganti dan mebasahi diri di shower yang ada masih satu ruangan dengan ruang loker tempat menyimpan barang. Pastikan tag ditangan dan sudah terisi sejumlah uang untuk sewa ban atau transaksi lainnya. Bersiaplah dengan baju renang atau baju buat basah-basahan. Simpan semua barang berharga di loker, pastikan semua aman lalu masukkan koin dan kunci lokernya. Dan gelangkan kunci di tempat yang aman. Saran lagi, jangan dikalungkan soalnya karetnya cuma seukuran pergelangan tangan atau lengan. Sebelum nyemplung sebaiknya basahi diri dulu supaya nggak kaget badannya ...

Semua wahana air gratis dan bisa dicemplungi asal nggak malu ajah kalo ternyata berenang di kolam anak2 sama balita. Dan bebas bisa pake ban atau tidak, kecuali wahana pipa seluncur yang panjang dan tinggi itu lho[maaf, nggak tau namanya saya], harus pake ban.

Ban harus sewa di tempat penyewaan dengan membayar 10K untuk ban single dan 15K untuk ban double. Dan pembayaran hanya bisa dilakukan dengan smart tag yang masih ada saldonya. Makanya sebaiknya diperkirakan akan sewa berapa ban sekaligus jumlah uang yang didepositkan di smart tag. Harga macem2 transaksi yang bisa dilakukan pake smart tag bisa ditanya pada patugas. Untuk antree ban agak lama soalnya adat kebiasaan orang Indonesia yang nggak mau mengembalikan ban setelah pemakaian, jadinya stock bannya habis. Untuk hal ini seharusnya bisa diantisipasi oleh pengelola wahana. Dan 1 orang hanya bisa membawa 2 ban. Maka sebaiknya diperkirakan jumlah personil yang mo antree. Walaupun kesemuanya bisa dibayar pake smart tag dengan catatan : jangan sampe ketahuan petugas kalo berkomplotan, pasang muka saling tak kenal dan serahkan smart tag diam-diam.

Dan silakan nikmati wahana air yang ada ... sambil melihat orang yang berpiknik dan memakan bekal makanan yang dibawa dari rumah disekitar kolam ... Indonesia banget dey pokoknya ...

Kalo dah selesai, sebaiknya langsung bilas di tempat yang sudah disediakan. Tempatnya ada di kamar ganti di ruang loker. Bilas di bilik2 yang ada dan kosongkan loker yang sudah terbuka. Ganti bajunya di bilik bilas saja, jangan sampe bolak-balik loker untuk hal nggak penting, secara loker baru bisa terkunci kalo ada koin seharga 5K. Bilas badannya sama ganti bajunya sebaiknya di bilik bilas yang tertutup, walaupun banyak orang yang bilas, mandi, tela*jang, sama ganti di shower yang terbuka [tempat membasahi diri sebelum renang] karena memang harus antree agak lama untuk masuk bilik bilas.

Tips kalo pergi berdua dengan teman sesama jenis, mandi saja di shower terbuka yang kosong, tapi jangan telanjang bulat, pake pakean renang saja. Untuk ganti bajunya ambil ruangan loker yang terpencil, dan pake cara lama kalo kita mandi di sungai. Kita orang ganti baju membelakangi teman kita yang berdiri sambil membentangkan handuk dan melindungi supaya 'barang' kita nggak diliat orang banyak. Orang yang melindungi sebaiknya jangan menghadap orang yang ganti baju lho ya ... Bisa dipahami kan maksud saya ???

Kalo dah rapi, silakan menuju loket refund untuk mengembalikan smart tag sekaligus menguangkan deposit awal sebesar 15K yang dibayar tadi pas beli tiket sekaligus menguangkan sisa deposit yang belum terpakai. Catatan : nggak semua pembayaran bisa dilakukan pake smart tag, tanya ke petugas untuk info lengkap.

Kalo dan semua, tunggu shuttle bus yang membawa kita ke jalan besar. Cari angkot 02, turun di PLN [ada di samping kiri stasiun kalo kita menghadap ke stasiun dekat taman topi] dan jalan sedikit sampailah di stasiun Bogor bagi yang mau naek KRL.

Dan berakhirlah touring kita kali ini tepat jam 8.15 malam di stasiun Gondangdia di atas KRL Ekonomi [dah kemaleman, jadinya nggak bisa naek express atau AC Ekonomi ... ] lengkap dengan badan belang2, kulit mengelupas dan menghitam, dan mata merah merona, plus badan pegal-pegal ... btw ... Kalo the jungle berhasil kita taklukkan, Atlantis sama Waterboom kapan ya temans ????

4 comments:

Anonymous said...

thx inform'a. cz bsk gw mw ksna.

Bundanya dea said...

asli lucu banget sih ceritanya, ada juga ya cowok yang bs cerita kayak ibu-ibu hahaha di update lagi dong the jungle nyaa

sabili rosyad said...

Makasih Info nya manteb dah

Lu'luatun Nashihah said...

Makasih infonya. Membantu bgt