Monday, April 21, 2008

Pagi-pagi iradio pagi ini (rangkuman)

rangkuman dari ocehan poetri soehendro dan m.rafiq tiap pagi ...

diseleksia [mu uph kalo salah tulis yak ...]

adalah penyakit kelainan modern yang lagi ngetrend seperti autis [jaman dulu kayaknya nggak terlalu populer kelainan ini ...]. Kelainan ini mengakibatkan kesalahan dalam proses membaca, misal SoTo dibaca SaTe, BINaTANG dibaca BINTANG, PERTAhanAN dibaca PERTAnahAN. Dan yang semakin membuat kelainan ini populer adalah beberapa artis top hollywood dan beberapa tokoh dunia juga menderita kelainan ini. Sama sekali tidak berbahaya, hanya mengganggu dalam proses membaca yang berujung pada terjadinya kesalahan pemahaman menyimpulkan isi text. Dan ada terapi khusus untuk mengurangi kelainan ini. Selama masih salah mbacanya nggak keterlaluan seeh sebenarnya aman-aman ajah, dan jangan kuatir buat anda yang buta huruf, anda tidak akan mengalami kelainan ini ... he he he

guilty pleasure [yakin kalo yang ini bener tulisannya ;)]

Oo.. Kamu ketahuan, pacaran lagi ....
dengan dirinya, teman baikku
[lagu "ketahuan" matta band]

atau

Da da da da da dam ...
Da da da da da dam ...
[salah satu lirik lagu ian Radja]

nah, bagi yang suka nyanyi-nyanyi lagu ini di kamar mandi, atau tiba-tiba tanpa sadar nyanyi lagu ini padahal sebelumnya sudah sumpah serapah ngatain Radja sama lagu ketahuan norak abis, maka anda mengalami guilty pleasure. Guilty = rasa bersalah, pleasure = kesenangan, jadi kalau kita sumpah serapah nggak suka sama satu hal, tapi dibelakang [sembunyi-sembunyi atau tanpa sadar tapi bukan pingsan] kita sering melakukannya dan kita enjoy, itu namanya guilty pleasure namanya].

Tapi kalo ngatain nggak bakalan naek air asia soalnya nggak eksklusif gara-gara nggak ada nomor tempat duduknya tapi akhirnya terbang juga pake air asia, maka itu bukan guilty pleasure namanya, tapi kualat [kualat apa ya bahasa indonesianya yak ... ada yang bisa bantu ??? ]

diversive driving [maaph lagi, kayaknya bakalan di protes sama guru bahasa inggris dey ...]

adalah standart mengemudikan mesin dengan baik, benar, dan selamat. Bukan hanya kendaraan bermotor tapi berlaku juga dengan mesin-mesin pabrik. Yang menerapkan biasanya perusahaan asing. Karena setahu saya, orang asing nggak ada yang sakti, jadi semuanya harus dalam standart keamanan yang ketat. Jadinya yang ikutan kerja sama orang asing atau di perusahaan asing, jadi kena imbasnya dey ... Bahkan training safety-nya bisa mencapai 4-6 bulan demi mencegak kecelakaan kerja. Luar biasa ...

Kalo buat orang Indonesia yang sakti-sakti, biasanya standart keamanan sering diabaikan, ya karena itu tadi, orang Indonesia sakti, punya nyawa 13 kayak kucing ... Kisah nyata, didepan kantor ada pembangunan fly over, tiap siang pas makan siang saya mengamati para pekerja keras tersebut membangun fly over. Luar biasa saya bilang ... mereka bisa menjadikan palang-palang beton yang jadi rangka fly over itu seolah catwalk tempat peragaan busana. Mereka dengan aman dan nyaman melenggang di atas ketinggian 10 meter lebih dan diatas lalu lalang kendaraan besar tanpa menggunakan tali pengaman serambut-pun. Yang ada cuma kassa warna biru yang biasanya digunakan untuk mencegah sampah bangunan mengotori jalan. Dan yang paling TOP adalah menggunakan pemecah aspal [tahu kan bentuknya gimana ? bentuknya mirip tongkat bermesin yang cuma dengan sekali sentuh, aspal hancur lebur yang bunyinya bising minta ampun ...] TANPA SEPATU dan hanya menggunakan SANDAL JEPIT !!! what's an amazing Indonesia ...

hari kartini

Yang ini paling gress, fresh from the oven ... Yang dibahas adalah apa sebenarnya hubungan kebaya sama hari kartini, kenapa hari kartini identik sama kebaya ?
kebaya lambang perempuan ...
kebaya bajunya bu kartini ...
sebagian besar jawabnya seperti diatas ... dan menurut Rafiq, dengan mengenakan kebaya di hari kartini atau menjadikan hari kartini sebagai alasan dalam memberikan tempat duduk buat wanita bukan lah cara perayaan hari kartini yang pas, karena jauh dari sisi emansipasi seperti yang diikrarkan bu tini [Kartini.red].

Bagi saya seeh kebaya sah-sah saja dipake, daripada ntar keburu dipatenkan sama Malingsia, mending segera dipopulerkan. Walaupun masih setahun sekali pas hari kartini ajah ... Bahkan bagi saya, supir bus way atau teller bank yang pake kebaya jauh lebih memperlihatkan Kartini-Kartini masa kini. Sebab meskipun berkebaya dengan segala keterbatasan gerak, mereka mampu mensejajarkan dengan kaum pria ... Luar biasa menurut saya ...

Lha kalo memberikan tempat duduk di kereta, saya setuju dengan ini ... ini bukan megekspresikan emansipasi, karena seharusnya wanita juga bisa berdiri berdesakan sama seperti lelaki. Bagi saya hal ini adalah masalah etika, bukan emansipasi. Emansipasi bagi saya adalah kesetaraan hak dan kewajiban seorang wanita dalam mendukung peran dan kodratnya sebagai seorang wanita dalam kehidupan sosial dan keluarganya. Ntar dibahas di post selanjutnya ya ....

4 comments:

Telefone VoIP said...
This comment has been removed by a blog administrator.
Anonymous said...

Hello!

Nggak terasa udah mau Hari Kartini lagi ya?

Ini ada artikel tentang Kartini juga, "Hari Kartini, Pahlawan Pendidikan" di cantik40s.blogspot.com.

:)

Thanks,
AFM

sunflower said...

Saya laki-laki. waduh mau nyari artikel ttg hari Kartini, malah nyasar ke artikel (maaf) b***h ini. Kalau wanita kuat berdiri ya tidak ada kewajiban beri duduk. MASALAH ETIKA PRIA DAN WANITA SEDERAJAT BUKAN WANITA LEBIH TINGGI DERAJATNYA, KONSEP ANDA MASALAH ETIKA SAJA SUDAH SALAH, yang wajib adalah memberi duduk ibu HAMIL, lansia, gendong bayi, dan orang cacat/sakit berat. Semoga tidak ada artikel salah konsep seperti ini lagi. Terima kasih.

sunflower said...

Saya laki-laki. waduh mau nyari artikel ttg hari Kartini, malah nyasar ke artikel (maaf) b***h ini. Kalau wanita kuat berdiri ya tidak ada kewajiban beri duduk. MASALAH ETIKA PRIA DAN WANITA SEDERAJAT BUKAN WANITA LEBIH TINGGI DERAJATNYA, KONSEP ANDA MASALAH ETIKA SAJA SUDAH SALAH, yang wajib adalah memberi duduk ibu HAMIL, lansia, gendong bayi, dan orang cacat/sakit berat. semoga tidak ada artikel salah konsep seperti ini lagi. Terima kasih.