Monday, June 30, 2008

senam yuks ...

Tadi pagi Jakarta lagi pengurangan emisi gas karbon dengan program Car Free Day. Sepanjang Thamrin bebas kendaraan bermotor kecuali Bus Trans Jakarta, kalo di Sudirman jalur lambat masih boleh dipake kendaraan bermotor. Di jalur cepatnya bisa berubah jadi lapangan futsal, jogging track sampe lapangan buat senam pagi.

Pagi ini sesuai dengan komitmen saya dengan pabrik roti, supaya bisa benerin bungkusan roti tepat waktu maka berangkatlah saya ke pabrik pake mobil jemputan. Sesuai dengan adat istiadat, di depan Chase Plasa lah saya menjemput mobil jemputan tersebut.

Tepat di arah jam 2 dan halte depan chase plasa sebagai pusatnya ada sekelompok orang sedang senam pagi. Dan ingatan saya melayang mundur 2-5 tahun yang lalu ...

Diam-diam ternyata saya sudah hampir 2 tahun ini nggak pernah senam sama sekali satu kali pun. Saya pun jadi terbayang dengan kegiatan senam pagi wajib di sekolah dulu tiap jum'at pagi. Dan saya termasuk dalam barisan depan [tapi nggak terdepan lho ya ... yang terdepan teman satu kost saya inisial wwn :p]. Kala itu senam adalah salah satu penghilang stress di sela-sela kegiatan sekolah yang padatnya minta ampun. Mulai dari pemotretan, sesi wawancara, shooting, sampai nongol diacara infotainment ... *he he he becanda boss* ...

Setiap jum'at yang kebayang dalam benak saya adalah besok adalah hari sabtu dimana pelajaran sekolah biasanya nggak ada yang namanya matematika atau fisika, jadinya super nyantai. Nggak cuma itu, sabtu adalah weekend dimana saya sudah membayangkan semua kegiatan selama sabtu minggu tepat saat mo berangkat sekolah di Jum'at pagi. Mulai dari tidur siang sampe sore [kalau nggak sabtu, rada susah tidur siang soalnya ...], pergi jalan-jalan malem harinya sama si wwn atao sama aura, nonton film yang disewa aura di rental [aura yang bayar tentunya], tidur larut malam, jalan-jalan ke velodroom minggu pagi sambil pulang dengan bubur ayam atau lontong sayur atau nasi kuning SMA 10, terus jalan-jalan ke kota [harus saya akui bahwa sawojajar di pinggiran kota] ... pokoknya pas senam pagi adalah saat terbaik membuat plan A dan plan B acara weekend ... *lupakan dulu aljabar, bubble sort, derajat keasaman, session php ...*

Maka jadilah saya penggembira sepanjang senam. Semakin gembira kalau instrukturnya cewek bohay dan tetap gembira walau instrukturnya nely [nenek lincah] dengan senam ala anti osteoporosis khusus manula ...

Walau saya sama sekali tidak pernaj melewatkan acara senam pagi, berikut saya sampaikan tips dan trik menghindari senam pagi tanpa tercatat di buku pelanggaran. Pertama, siapkan buku pelajaran lengkap dengan tas sekolah di hari kamis, dan letakkan di kolong meja dengan rapi. Pastikan kondisi aman dan nyaman kalo perlu pake Roncar **alarm anti maling yang aman dan nyaman**. Kedua, di hari kamis, keluarlah sekolah secara bergerombol karena ini mampu mengalihkan perhatian satpam sekolah kalau kita pulang nggak bawa tas sekolah. Hal ini agak sulit kalau kita jalan sendirian. Ketiga, di hari jum'at pagi, pastikan berangkat ke sekolah setelah senam pagi bubar + 5-10 menit. Dan datanglah ke sekolah dengan membawa sebuah buku dan beraktinglah seolah baru saja ketinggalan buku pelajaran kalo perlu basahi dahi dan bernafaslah tersengal-sengal seolah baru lari-lari takut terlambat. Ke sekolah bisa pake baju olah raga atau Pramuka. Kalo mo pake baju olah raga harus sudah menyiapkan baju pramuka di kolong meja di hari kamisnya. Jangan bergerombol, sebaiknya satu per satu dan kalao terpaksa bergerombol, pastikan ada salah satu yang mengalihkan perhatian satpam. Misal, ada yang ngajak ngobrol satpam sementara yang lain bisa melenggang masuk areal sekolah. Oia, Jangan sekali-sekali nyamar sebagai siswa kelas yang sedang nggak dijadwalkan ikut senam. Karena cara ini sama sekali nggak manjur.

Aaakkkhhhh .... Sudahlah ... itu dulu lah tips menghindari senam pagi. Apa ?! ada yang mau tips menghindari upacara bendera ??!!?? selain pura-pura sakit dan tidur di UKS atau jadi petugas piket (harus jadi anggota PMR atau Paskibra baru bisa jadi petugas piket) tidak ada cara lain. Namun cara ini tetap mengharuskan datang pagi sebelum pintu gerbang di tutup dan kehabisan tanda pengenal petugas piket upacara.

udah akh ... ntar ketahuan orang sekolah habislah saya ... mending kabur akh ...

Tidak ada jaminan bahwa penggunaan tips di atas mujarab 100% hasil sangat bergantung pada keterampilan, kelihaian, dan keberuntungan anda saat menjalankan aksi.

No comments: