Saturday, August 11, 2007

denias vs saya ...

Cukup terlambat atau bahkan dah sangat ketinggalan kalau saya membahas film yang telah banyak meraih banyak penghargaan ini. Film yang sudah tayang di bioskop hampir setahun yang lalu ini benar-benar menghipnotis saya untuk terus memandanginya dan menontonnya hingga selesai ... walaupun sebenarnya menghipnotis saya untuk tidak mengindahkan dering telepon dan melenakan saya tenggelam dalam kemalasan tiada tara ...

Film yang mengisahkan perjuangan seorang anak Papua yang berusaha dengan sekuat tenaga untuk bisa sekolah. Sangat berlawanan dengan apa yang terjadi dengan diri saya. He he he ... mungkin perjuangan denias lebih mirip perjuangan orang tua saya menyekolahkan saya. Perjuangan bagaimana membangunkan saya pagi-pagi dan me-raup-i atau mencucimukai [maafkan saya atas pemilihan kata ini ... ] saya karena saya paling susah bangun pagi dan paling rewel kalo dimandiin atau disuruh mandi pagi. Gak hanya itu perjuangan untuk mengantarkan saya ke sekolah juga butuh pengorbanan besar. Bahkan bapak saya pernah disemprot atasan gara-gara terlambat kantor gara-garanya kesiangan nganterin saya ke sekolah [TK maksudnya ... ].

Kalau masa-masa SD seeh pengorbanan saya yang cukup diacungi jempol ... berangkat dan pulang ke sekolah sendiri jalan kaki tanpa ada yang mengantar bahkan kebiasaan ini dimulai sejak saya duduk di kelas 1 dan berlanjut sampai kelas 3. Perjuangan yang sebenarnya tidak layak untuk disebut jadi perjuangan ... lha secara jarak sekolah dan rumah saya cuma 300 meter ... ha ha ha selain itu teman seangkatan saya juga banyak, jadi saya gak pernah ke sekolah sendirian ...

Kelas 4 sampai kelas 6 kembali saya berhenti berjuang, dan orang tua saya lah yang menjadi denias bagi diri saya ... Karena saya masih diantar jemput ke sekolah plus diantar juga ikut les dan tambahan pelajaran di tiap sorenya. Pokoknya bapak saya jadi sopir pribadi saya yang paling setia ... denias banget kan bapak saya ??? Dan hal itu berlanjut sampai saya SMP ... he he he ... Terbuktikan betapa malasnya saya sekolah ...

Kalau dipikir-pikir, saya berjuang naik sepeda ke sekolah gak pernah berjalan lebih dari setahun saya berjuang untuk berangkat ke sekolah dengan sepeda. Awalnya semangat, tapi dapat beberapa bulan tergiur oleh ajakan bapak untuk kesekolah bareng [baca = diantar] jadinya ya keterusan ... dey ... hayo tebak salah siapa ini ... Salah saya yang males apa salah bapak saya yang menawarkan jasa karena sayang sama anaknya yang ganteng ini ... ???

Tapi kalau dipikir lebih jauh mendalam, saya gak jauh beda dengan denias lho ... tentunya kecuali dalam hal perjuangannya berangkat ke sekolah. Lho ... lantas kesamaannya dimana ??? he he he walaupun saya males berangkat ke sekolah, tapi perjuangan saya untuk jadi juara kelas tak pernah padam lho ... walau jarang sekali kesampaian ... Mentok-mentok rangking 2 [payah ...] Tapi ganteng-ganteng gini saya pernah tercatat sebagai lulusan terbaik lho ... Jadi saya gak jauh beda dengan denias kan ... xiixixiixiixiii ...

Sekian laporan narsisme saya hari ini, apapun penilaian anda ... semangat denias pernah hidup di dalam pribadi saya walau hanya sekejap mata ... sayang semangat denias saat ini cuma muncul kalau lagi mau ujian ajah ... selain itu ... ??? tak ada denias dalam diri saya ...

No comments: