Sunday, February 10, 2008

bisa bantu saya ?

Kemarin (jum'at malam) kuliah Sistem Basis Data (SBD) 2. Ternyata seru banget materi kuliahnya. Ndak seperti SBD 1 yang kebanyakan isinya adalah teori dan yang dibahas lebih kepada media penyimpanan dan bagaimana cara menghitung kapasitas sebuah media penyimpanan. Materi SBD 2 langsung bergerak pada hal yang selama ini saya anggap menantang sekaligus mengasyikkan.

Mari kita mulai saja, diberikan suatu kasus ....

Sebuah rumah sehat [bukan rumah sakit] "Kita" memiliki beberapa poliklinik untuk melayani pasien-pasiennya. Pasien yang datang harus mendaftar terlebih dahulu dan jika baru datang untuk pertama kalinya maka si pasien harus mencatatkan data-datanya secara lengkap. Pada saat mendaftar, si pasien bisa langsung memilih dokter yang saat itu bertugas sekaligus menuliskan keluhan yang dirasakan. Setelah mendaftar, pasien akan langsung mendapatkan nomor urut antrean dan bisa langsung menemui dokter jika sudah tiba gilirannya. Semua diagnosa dan tindakan yang dilakukan oleh dokter terhadap pasien tersebut akan tercatat di rekam medik pasien. Jika diperlukan, pasien akan memperoleh resep yang bisa langsung ditukar obat di apotik rumah sehat atau di tebus di apotek lain. Setiap pasien akan memperoleh kuitansi sebagai tanda pembayaran. Catatan : jika dalam sekali kunjungan mengharuskan si pasien diperiksa di lebih dari satu poliklinik yang berbeda, maka proses tersebut akan diulang kembali (rumah sehat "Kita" belum menerapkan one stop service).

Hampir 1,5 jam saya berdiskusi dengan beberapa rekan kuliah saya, akhirnya didapatkan beberapa entitas seperti yang dicetak tebal diatas. Seharusnya setiap entitas tersebut dihubungkan dalam bentuk ER (Entity Relationship) Diagram. Tapi berhubung tantangan ini cukup ruwet, akhirnya kami takluk pada tantangan Mr. Jokos ... [sebenarnya nggak takluk ... tapi dah keburu mo pulang ...] untuk relasinya


dan dari ganbar diatas terdapat entitas tambahan yaitu Jenis Bayar untuk menyimpan record pembayaran apa saja yang dilakukan oleh pasien, misal : ijeksi, imunisasi, cabut gigi, tambal gigi, dll.

Nah ... sekarang saya akan memberikan tantangan kepada anda ...

Sebuah perusahaan provider internet menyediakan service internet kepada para pelanggannya. Setelah pelanggan melakukan registrasi dan telah sepakat dengan pihak marketing maupun marketing support engginer maka akan dilakukan proses pemasangan/instalasi perangkat di tempat pelanggan. Pemasangan ini bisa dimaksudkan pemasangan untuk masa demo (trial) maupun pemasangan yang langsung dihitung sebagai masa aktif di dalam perjanjian kerja sama. Namun hanya beberapa service tertentu yang ada masa trialnya.

Service internet yang diberikan beragam sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Begitu pula dengan media akses yang digunakan. Setiap service memiliki media konfigurasi yang berbeda, begitu pula dengan media aksesnya. Setiap media akses memiliki data teknis yang berbeda pula. Database yang dibutuhkan memuat data teknis dan konfigurasi tiap-tiap pelanggan yang kelak akan digunakan untuk proses troubleshoot jika terjadi gangguan. Hal ini berlaku bagi pelanggan baik dalam status demo maupun aktif.

Dalam perjalanannya, pelanggan bisa melakukan aktifasi/dismantle bagi yang berstatus demo. Dan bagi yang aktif bisa melakukan upgrade/downgrade service atau bahkan mengganti media akses. Proses relokasi juga membuat konfigurasi juga sering berubah.

Selain perubahan media akses dan konfigurasi sesuai dengan permintaan pelanggan, hal ini juga bisa terjadi dikarenakan kondisi khusus. Seperti problem maupun maintenance.

Semua history pelanggan harus tercatat dengan baik sejak si pelanggan melakukan pemasangan hingga pemutusan langganan.

Ada yang berani menerima tantangan saya ??? klik disini untuk mengirimkan ER Diagramnya ...

2 comments:

Anonymous said...

wakakakakaka,,,SBD 2 yahh??? si ini ireneindah.net juga ngulang tp gaya dapet C aja ngulang

Anonymous said...

ntar kukerjain dulu yu, klo dah dapet baru qupload. Btw aq juga masih dapet SBD1 hehehe