Sunday, February 25, 2007

saya bangga bekerja ...

Sebuah pengalaman ...

Saya bangga bisa bekerja di perusahaan ini. Banyak sekali alasan yang membuat saya bisa benar-benar bangga bisa bekerja di perusahaan ini.

Pertama ada lah proses perekrutan yang menurut saya sangatlah profesional. Pelakasanaannya walaupun bukan di kantor pusat Jakarta, tapi di salah satu regional office-nya namun dalam pelaksanaannya dapat dikatakan sangat proffesional. Saya tidak perlu lama menunggu untuk test kemampuan akademik maupun untuk wawancara. Walaupun sempat antree giliran buat wawancara karena wawancara kan harus satu persatu ... Tambah lagi, manager HRD sendiri yang mewawancarai saya dan Manager yang akan memimpin saya juga mewawancarai saya demi mengetahui kemampuan akademis dan skill yang saya miliki semakin menampakkan keprofesionalitasan perusahaan dalam merikrut karyawan baru. Bukan hanya itu, sistem perekutan juga melibatkan pihak ketiga yaitu lembaga psikologi. Jadi perusahaan terlihat gak asal mengambil karyawan, tapi juga tahu kondisi karyawan luar dalam.

Setelah dikabarkan bahwa saya dinyatakan diterima, maka saya masih harus wawancara akhir sebelum tanda tangan kontrak, tujuannya untuk mempertegas niat dari kedua belah pihak untuk bekerja sama dalam sebuah ikatan perjanjian kerja. Dan lagi lagi Manager HRD dari kantor pusatlah yang mewakili perusahaan.

Hari pertama masuk kantor, saya cukup bangga dengan lokasi perusahaan yang sangat strategis ditambah anti banjir, baik akses maupun daerah sekitar kantor. Yang semakin membuat saya bangga dengan perusahaan ini adalah perusahaan juga menyediakan transportasi gratis bagi karyawan yang tinggal di luar kota dan kendaraan operasional bagi karyawan yang sesekali harus mondar-mandir dari kantor pusat ke kantor operasional yang berbeda tempat. Untuk urusan sarana transportasi operasional jangan ditanya, semuanya mobil keluaran diatas tahun 2000 lengkap dengan aksesori sehingga masalah ketidaknyamanan adalah hal yang langka di perusahaan ini.

Saat saya datang, saya langsung disodori dengan surat perjanjian kerja dan diajak jalan-jalan keliling kantor sekedar tahap awal adaptasi. Saya juga mendapat rekomendasi tempat tinggal (kost atau kontrakan) yang bisa ditempuh hanya dengan berjalan kaki dari kantor. Kalaupun jauh, setidaknya hanya membutuhkan satu kali bis kota ataupun busway tanpa transit. Tidak lupa peralatan kerja seperti loker, buku kerja, pedoman kerja, kalender, alat tulis, beberapa buku profil perusahaan dan beberapa tata tertib karyawan juga diberikan. Tidak lupa sebuah Tanda Pengenal bermagnetik juga diberikan. Maklumlah security juga lumayan ketat, hampir di tiap pintu kecuali kamar madi ada security code yang hanya bisa diakses dengan tanda pengenal bermagnetik tadi. Tidak lupa meja kerja lengkap dengan komputer berkemampuan canggih dan internet berkecepatan tinggi juga diperkenalkan. Pokoknya kesan pertama begitu menggoda ...

Seminggu pertama masih diisi dengan kegiatan adaptasi dan masa orientasi, jadi belum menyentuh pekerjaan sama sekali. Minggu pertama dialokasikan lebih kepada masalah non teknis kantor seperti cara menggunakan fasilitas kantor, misal kartu asuransi kesehatan, telepon, dsb. Minggu pertama saya dibuat cukup kewalahan dengan berbagai atribut kantor yang diberkan seperti T-Shirt, Jaket, Kemeja seragam, dan beberapa atribut lainnya.

Minggu kedua diisi dengan kegiatan training. Nah disini lah pekerjaan dimulai. Job's descripsion yang dijelaskan saat wawancara kerja kini benar-benar akan diaplikasikan di dunia nyata.

Hari-hari berikutnya membuat aku semakin enggan untuk meninggalkan kantor ini bahkan untuk pulang ke rumah. Fasilitas yang diberikan benar-benar pro karyawan. Segala keputusan management perusahaan juga mengutamakan kepentingan karyawan, daripada sekedar mengejar kepentingan politik management perusahaan. Ruang kerja yang nyaman, makan siang gratis yang tidak membosankan, gaji yang tidak pernah terlambat di transver, tunjangan transportasi, perumahan yang cukup besar, bonus yang diberikan juga lumayan, management juga sangat transparant membuat karyawan tidak lagi bertanya-tanya bagaimana kondisi keunagan perusahaan, dan yang paling penting suasana kekeluargaan yang tejalin sangat menyenangkan. Baik antar sesama karyawan maupun antar atasan dan bawahan bahkan hampir tidak ada gap antara karyawan dengan OB/OG. Bahkan gaji yang saya terima setiap bulan cukup untuk kredit apartement/rumah dan mobil sekaligus. Semua kondisi diatas semakin membuat saya betah di kantor ....

Sudahlah hentikan semuanya .... !!!!!!!!!!!! semua hanya pengalaman dalam alam kesadaran saya yang dikendalikan oleh khayalan tinggat tinggi yang saya punya ... SO .... nggak semua yang loe baca bener walaupun juga nggak semua yang loe baca nggak bener ....

2 comments:

Anonymous said...

wahyu hasut tok.....wahai khalayak...semua apa yg dikatakan itu bohong sumpah.....Please...Release me Free from here....(a slave song)

..:: nombezz & ndhree ::.. said...

wiiii kurang asem. wes moco serius2 dari atas, eh lhadala isore ngglethek. wah, kirakno iki perasaan yang selama ini kamu rasakan. wiiiii, dasar!!! hoi pembaca, jgn percaya yach ;;) !!!