Sunday, December 30, 2007

letakkan itu disini ...

Kemaren dari pinjeman mbak ini membaca buku tulisan Donny Dhirgantoro yang judulnya "5 cm". Bukunya sebenarnya tergolong bukan buku baru, soalnya dah terbit tahun 2005 yang lalu tapi disebabkan ketersibukan saya [aslinya keterkuperan saya] maka buku itu baru saya baca beberapa hari yang lalu.

Sebelumnya, dari orang yang sama, saya juga telah melahap tetralogi [sebenarnya bukunya masih baru terbit tiga judul] laskar pelangi [kalo yang ini tergolong buku baru]. Penulisnya Andrea Hirata dan kisah di tetralogi laskar pelangi diinspirasi dari pengalaman dan kisah nyata yang terjadi pada dirinya.

Dan setelah Laskar Pelangi, dari orang yang sama juga [makasih banyak yo mbak ...] Ketika Cinta Bertasbih 2 juga telah saya telanjangi dan gerayahi isinya.

Lho kok semuanya minjem ? gak ada yang punya sendiri ? He he he ... saya adalah salah satu dari sekian banyak aktivis lingkungan yang sangat menentang segala hal yang mampu memacu pemanasan global. Buku itu dibuat dari kertas, dan kertas itu dibuat dari bubur kertas yang dibuat dari serat kayu. Lha kalo semakin banyak buku yang dibeli, maka akan semakin banyak pula buku yang diterbitkan [mengikuti hukum permintaan], dan kalau semakin banyak buku yang diterbitkan berarti semakin banyak kertas yang dihabiskan dan semakin banyak pulp [bubur kertas] yang dibuat berarti semakin banyak pula kayu yang ditebang, dan semakin panaslah bumi ini .... dan semakin pelit saja saya membelanjakan buku ... dan semakin giatlah saya untuk meminjam buku dan mencari alasan untuk tidak membeli buku .... [salah satu alasannya diatas ...]

Dari 5 buku [5 cm, 3 buku laskar pelangi, dan ketika cinta bertasbih] kesemuanya dapat saya golongkan sebagai buku motifator yang mampu membius pembacanya untuk lebih semangat dan be possitive dalam menjalani kehidupan dan menaklukkan semua kesulitan dan permasalahan yang dihadapi.

Buku "5 cm" bercerita tentang kisah 5 sahabat yang bersahabat mulai SMA dan meraih kesuksesan masing-masing setelah memutuskan untuk tidak saling berkomunikasi selama 3 bulan. Dan kelimanya akhirnya bisa untuk menaklukkan Mahameru dengan semangat yang mereka miliki. Kesamaan mereka berlima adalah mereka hanya mau jadi diri mereka sendiri dan satu prinsip yang mereka pegang adalah tetaplah bermimpi dan berangan dan letakkanlah hal itu di sini [bayangkan saya sedang menunjuk kening saya] dan raihlah. [intinya pokoknya adalah jangan mudah putus asa]

Tetralogi Laskar Pelangi isinya juga hampir sama dengan 5 cm, namun kisah yang disajikan adalah kisah nyata dari perjuangan sekelompok anak pedalaman yang akhirnya bisa meraih sukses hanya dengan berbekal semangat dan perjuangan yang tidak kunjung padam.

Sedangkan Ketika Cinta Bertasbih 2 isinya lebih lengkap karena kandungan motivasinya lebih lengkap. Motivasi dalam meraih cita-cita [wirausaha], motivasi dalam mendekatkan diri padaNya, dan motivasi dalam meraih cinta ....

Setelah membaca kelima buku tadi saya jadi pengen ...
  • dari 5 cm, Kembali ke jaman STM dengan segala problematika yang ada
  • dari 5 cm, Pengen ikutan acaranya anak-anak PA naik gunung
  • dari 5 cm,Pengen ke Mahameru
  • dari Laskar Pelangi, Kuliah di luar negeri
  • dari Laskar Pelangi, Jalan-jalan keliling eropa
  • dari Ketika Cinta Bertasbih 2, saya jadi pengen nikah ...
Gak terlalu berlebihan kan keinginan saya ????

No comments: