Monday, March 19, 2007

ingin pelayanan sempurna ??? ke laut aja sono !!!

Emang siap lo berani-beraninya mbentak gw seenaknya !
Jangan kira gw asal ngomong ya ??
Gw pasti dari data yang valid, gw pasti gak asal ngibulin lo !
Emang bener lo yang bayar gw, tapi begitu cara lo memperlakukan gw ?
Seberapa besar peran lo nge gaji gw ??

Gw tau emang kadang gw ngebo'ong sama lo,
Tapi tu gara-gara lo-nya aja yang lemot, nggak mau ngejar jawaban dari gw !
Gw nyadar kadang gw gak jujur sama lo,
Tapi lo yakin selalu jujur sama gw ?

akhkhhhh ... akhirnya saya yang mulai mahir memainkan kata-kata lo lo dan gw gw sedikit puas setelah rasa ini terakumulasi bagaikan bom waktu yang siap meledak dan akhirnya kini meledak sudah ... masih ada bom susulan ? hanya waktu yang bisa menjawab ...

Evaluasi dari pengalaman saya selama ini melayani omelan, dapat saya simpulkan ada beberapa karakter complianer antara lain :

Kategori E
Kategori ini adalah yang terburuk dimana cust marah-marah tanpa alasan, maunya langsung dikirim teknisi, padahal SLA-nya gak menyatakan bahwa maintenance bisa dilaksanakan dalam 24 jam. Padahal kondisi link-nya dipastikan tidak ada masalah, dan tidak mau mengikuti setiap panduan yang diberikan walau cuma sekedar test ping atau tracert. Apalagi ditambah dengan perkataan yang menandakan "push" atau mengancam akan nge-"push" ke atasan atau yang paling parah mengancam akan dismantle

Selain itu cust yang suka marah-marah sendiri dengan dasar cuma dari pengamatan mata telanjang, bukan dari data hasil monitoring yang dia lakukan, dan parahnya gak percaya dengan data yang saya berikan dan lebih jauh lagi terkadang cust ini sering membohongi providernya.

Maka hati-hati dengan type seperti ini, tapi ingat dan percaya dirilah bahwa anda berada dalam pihak yang benar, siapkan segelas air untuk mendinginkan hati, dan tarik nafas dalam-dalam agar pikiran kembali tenang


Kategori D
Ini adalah kategori terburuk kedua yang pernah saya temui, yang masuk kategori ini antara lain yang suka minta di call back padahal belum bilang apa-apa cuma ninggal nomer telepon sambil minta di call back [dasar pelit]

Selain itu, cust yang suka menghubung-hubungkan dengan materi (rugi untung) dari koneksi yang dia sewa juga kadang menyebalkan. Satu hal yang pasti ... saya juga nggak mau link-nya bermasalah ...

Kategori C
Ini merupakan kategori pertengahan, mungkin karena tidak sebegitu paham IT, jadi kadang NS kesulitan dalam memperoleh data yang valid, kita maklum dengan keadaan ini, beberapa kadang ngasih data-nya ngaco dan sesuai kehendak hati ... perlu sedikit trik agar data valid bisa didapat.

Kategori B
Lumayan lah cust kategori ini walau mintanya macem-macem. Beberapa bisa terpenuhi karena memang memungkinkan, namun beberapa kadang sulit terpenbuhi karena terganjal policy.

Kategori A
Ini adalah cust yang paling kondusif, pertama cust ini dengan senang hati mengecek kondisi LAN-nya terlebih dahulu sebelum melayangkan pengaduan. Selain itu, cust ini dengan senang hati melayani setiap panduan yang diberikan dan selalu memberikan data yang akurat dan valid, sehingga proses trobleshoot bisa berjalan lancar, dan masalah bisa tertangani dengan segera, karena pihak NS dan cust sama-sama dalam win-win solution sehingga masalah berakhir dengan senyuman.

Satu lagi yang masuk golongan ini adalah yang selalu memberikan update kondisi link-nya tanpa diminta, dan selalu mengutarakan setiap permasalahannya dengan diiringi senyuman

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tapi terlepas dari itu semua, saya ikhlas menjalani ini semua karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawab saya, saya memahami kepentingan cust, saya harap cust juga memahami bahwa tidak ada perangkat yang sempurna, jika anda merasa bisa membuktikan ada suatu perangkat yang mampu bekerja tanpa cacat, silakan kirim japri saja ke alamat email saya atau tinggalkan command di tulisan saya ini. Tidak ada buatan manusia yang sempurna, kalol mau lihat yang sempurna ke laut aja sono dan lihat berapa sempurna ciptaanNYA

2 comments:

riskabagus said...

ada lagi kategori yang baik yu ...
kategori super :
yaitu dimana customer yang ramah, komplin tidak marah-marah, enak dibimbing. dan lagi cust ini memberikan bonus ke rekening kita :D

emang ada ya ??? kalo mau nyari ya ke laut aja sono :p

Memoar Anak Negeri said...

Customer yang super baik itu..

Kringg.. Selamat pagi 3gnet dengan XXX ada yang bisa dibantu..
Ada Pak, saya tadi browsing sempat putus sebntar tapi sekarang sudah bisa lagi. terima kasih Pak yah..
Aman.... Nyimpen CPR satu lagi.