Wednesday, March 21, 2007

doa ...

Part 1,

Marilah kita tundukkan kepala sejenak untuk memanjatkan doa kehadiratNya


Ya Allah ya Tuhan kami, dipagi ini kami berkumpul bersama-sama dalam menuntut ilmu untuk memohon kehadiratMu

....

Ya Allah ya Tuhan kami, tunjukilah yang benar itu kelihatan benar dan mudahkanlah kami untuk melaksanakannya, dan tunjukilah yang salah itu kelihatan salah dan mudahkanlah kami untuk menghindarinya, dan jadikanlah kami orang2 yang pandai bersyukur kepadaMu

....

Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil'a khiroti hasanah, waqina adza bannar ... walhamdulillahi robbil 'alamin

Itulah doa yang setiap pagi selalu dibacakan oleh 'tumbal' kelas yang memimpin jalannya doa pagi. Dibilang 'tumbal' karena biasanya yang baca cuma beberapa orang saja, dan yang pasti itu-itu saja. Doa ini selalu dibaca sebelum dimulainya pelajaran, harapan agar ilmu yang diserap bisa berguna dan bermanfaat dunia akhirat.

Sorry, saya tidak bisa melengkapi text doa-nya, secara saya tidak hafal, dan juga usaha saya untuk mengingat-ngingat juga telah kandas, dan usaha untuk bertanya pada teman-teman juga tidak membuahkan hasil, maka maafkan saya jika kurang lengkap ;;)

Part 2

Marilah kita tundukkan kepala sejenak untuk memanjatkan doa kehadiratNya

Ya Allah ya Tuhan, di siang ini kami telah selesai menuntut ilmu untuk memohon kehadiratMu,

Ya Allah ya Tuhan kami, berkatilah apa yang sudah kami laksanakan hari ini tanpa suatu halangan yang berarti,

Ya Allah ya Tuhan kami, berilah keselamatan pada kami dalam perjalanan pulang agar tidak terjadi hal-hal yang tidak kami inginkan,

Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dosa-dosa kami, dosa orang tua kami, dosa bapak dan ibu guru kami, dan terimalah amalan dan doa kami

Robbana atina fiddunya hasanah, wa fil'a khiroti hasanah, waqina adza bannar ... walhamdulillahi robbil 'alamin

Nah... kalo ini semoga lengkap :D lumayan lah dibandingkan dengan teks doa pembukaan tadi, doa penutup ini jauh lebih komplit karena merupakan hasil membuka pikiran dan menginterograsi beberapa orang akhirnya tertuliskah tulisan di atas ;;)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Beberapa teman saya menanyakan buat apa seeh tanya masalah teks doa segala ?? buat beberapa orang mungkin doa adalah hal yang tidak penting, bahkan dari TK, sampai SMK, baru di SMK saya mendapati ada sekolah yang menggunakan sistem doa yang dituliskan pada selembar kertas dan harus dibaca tiap awal dan akhir pelajaran. Dan dikenakan sanksi jika tidak dibaca.

Tercatat saya pernah menuliskan teks doa ini karena kedapatan nggak dibaca saat jam pelajaran Agama Islam by Pak Sis, dan juga kelas tidak akan diakhiri sama Bu Erna kalau doa tidak dibaca atau dibaca tergesa-gesa. Cape dey ...

Oia ... mengapa hal ini saya anggap penting ??? karena saya tidak lagi melakukannya sebelum dan sesudah memulai aktivitas saya di kantor, mulai kerja dengan reboot PC dan mengakhiri juga dengan reboot PC, jarang, atau bahkan dapat dikatakan tidak pernah saya berdoa sebelum dan sesudah bekerja, pertanyaannya : Mendapat berkah kah apa yang selama ini saya lakukan ???

5 comments:

riskabagus said...

hal sepele yang terkadang sering kita lupakan. mungkin itu kekurangan kita yu ...

yuk mencoba dari sekarang yuk ...
inysa Allah nanti akan lebih barokah ...

tengyu udah mau ngingetin ;)

Unknown said...

Hyuk....
Podho...
Aku yo gak pernah melakukannya melakukannya.
Paling² do'a sebelum budhal dan kate mulih, ikupun nek eling
:">
Perlu perbaikan diri en nek kerjo gak ngresulo dan gak mata gak kebayang dhuwit thok.
;))

ekaisna said...

Syukur Alhamdulillah. Allah masih sayang sama kita Yu, kita masih diingatkan untuk berdoa.....entah melalui apa ato siapa.

Mari kita mulai dari sekarang. Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali...

Anonymous said...

whoi...makasih bwat text doanya....kmu nyelamatin hidup aq....maksih berat....

Anonymous said...

terima kasih telah mengingatkan dan menginspirasi

teruslah berdoa. doa itu senjata umat muslim.
dan mintakanlah doa dari orang-orang baik di sekitar kita, siapa pun, karena kita tidak tahu doa siapa yang akan dikabulkan.