Sunday, June 3, 2007

mau nyopet yak ... maaf anda [kurang] beruntung ... :p


Sore ini sesuai jadwal, saya masuk kantor, maka seperti biasa pula langsung menuju St. Gondangdia buat naek KRL ke St. Cawang. Suasana stasiun berbeda dari biasanya karena memang hari ini hari libur, jadi cenderung sepi. Jadi setelah beli tiket, langsung ke jalur 2 tapi nggak kayak biasanya saya nunggu di dekat rel, secara sepi, maka saya nunggu sambil bersandar di salah satu sisi pagar luar stasiun.

Berdiri sambil bersandar di pagar stasiun secara kursi dah penuh sambil mendekap tas punggung yang saya gendong di depan, mata saya cuma plarak-plirik ke arah rel sambil berharap ada kereta ekonomi Jakarta-Depok-Bogor yang datang.

Tiba-tiba ada seseorang dengan membawa amplop ukuran A4 [amplop coklat yang biasanya dipake buat kirim lamaran] mendekat trus tanya gini ...
"Bulan apa sekarang Mas ?"
"Juni" // neh orang dodol banget seeh tanya-tanya bulan segala, lupa tanggal lumrah, nah ini lupa bulan ... seketika itu bibir ini langsung koamt-kamit baca doa ... //
"Tanggal berapa ya Mas ?"
"Dua" // nah ini baru pertanyaan yang sedikit masuk akal //
"Berarti besok tanggal tiga ya ... ?" sambil menghitung hitung dengan jari, entah menghitung apa "Ya ya ya ..."
"Hhhmmmm" // semakin mencurigakan, maka waspada mode awas ON //
"Mau kemana mas ?"
"Cawang"
"Ooo... mau pulang ke Jawa"
"Cawang Pak" // Budek juga neeh orang rupanya, lagian kalo mau pulang ke Jawa nggak mungkin banget nungguin kereta di Gondangdia ... begok banget seeh ... //
"hhmmmm" SAMBIL BERAKSI MENEMPELKAN TANGANNYA KE SAKU BELAKANG CELANA SAYA // nah akhirnya kecurigaan saya terjawab sudah ... terkuaklah sudah niat orang tadi mendekati saya ... mau nyopet rupanya ... maaf bung ... saya tidak menaruh dompet saya di saku belakang celana saya ... //
"Kuliah ya ? atau kerja ?"
"Kerja" // mau tau banget seeh ... udah gak perlu basa-basi kalo misinya gagal ... hatiku langsung dag dig dug nggak karuan, sambil terus komat-kamit baca doa minta perlindungan ... //
"Ada duit nggak Mas, barang 3000 rupiah, buat nambahin ongkos saya ..."
"Maaf, nggak ada, saya bawa uang pas ..." // nggak ada dompet hasil nyopet, malakpun jadi ... //
"Nggak, kalo ada barang 2000 atau 1000"
"Maaf, nggak ada" // eh pake tawar menawar ... tambah nggak nggenah orang ini ... //
"Hhmmm nggak ada yah .... maaf-maaf sajah neeh ... bukannya saya mau malakin situ ..."
"Ahh ... gak pa pa !" // bukan mau malak, tapi mau nyopet, gagal yach ... selamat dech ... //
"Ya udah mas ... ati-ati" // terima kasih atas perhatian anda bung ... saya akan hati-hati dengan orang macam anda-anda ini ... //
Maka saya segera berlalu menghindari orang tadi ...
Maaf, saya bukannya berprasangka buruk, tapi hanya waspada ... dari gelagat anda, terlihat kalau anda berniat mencopet karena gak lazim orang menempelkan tangannya ke saku belakang lawan bicara selain memang untuk mencopet ...

Pesan saya buat anda ... percuma saja anda mencopet, gak akan bisa jadi kaya raya, yang ada malah anda dihantui sama perasaan bersalah seumur hidup. Bayangkan jika yang anda copet adalah dompet seseorang yang baru gajian dan gajinya akan dipake buat biaya pengobatan anak atau biaya kelahiran istrinya ... dan bayangkan jika anda di posisi orang yang anda copet ... Bayangkan jika akibat dari ulah anda si anak jadi meninggal karena nggak ada biaya untuk berobat, dan si ibu yang akan melahirkan jadi kehilangan nyawanya karena gak bisa melahirkan dengan layak ... Bayangkan itu semua ... Oia ... seharusnya anda bersyukur karena misi anda gagal, sehingga anda tidak jadi melakukan dosa saat itu ...Sudahlah saya nggak akan menceramahi anda, saya juga yakin kalau anda tidak akan membaca tulisan ini ...

Tips menghindari copet ...
  • Jangan menaruh dompet di saku belakang, taruh saja di saku depan, atau masukkan kedalam tas jika membawa tas,
  • Jangan menaruh tas di samping atau belakang tubuh anda, peluklah tas tadi di dada anda, pastikan resliting tas, berada di posisi yang hanya bisa dijangkau oleh mata dan tangan anda,
  • Jangan membawa uang terlalu banyak, siapkan uang pas,
  • Hindari mengeluarkan dompet di tempat umum,
  • Jangan menaruh uang di dompet saja, siapkan uang cadangan di tempat lain, hal ini menjaga anda dari kemungkinan terburuk jika misi pencopet itu sukses, jadi anda masih ada backup uang untuk pulang ke rumah,
  • Curigalah kepada siapa saja yang mengajak anda bicara, terutama kalau topik pembicaraannya aneh atau bahkan terlalu menarik minat anda sehingga anda lengah,
  • dan yang terpenting mintalah perlindungan kepadaNya sebab DIA lah yang menggenggap hati dan niat pencopet sekaligus menguasai kesadaran dan kewaspadan anda ...
Maaf, bukannya saya takabbur atau bagaimana, saya hanya mencoba berbagi agar kita selalu waspada saat berada di tempat umum. Kuncinya adalah tawakkal padaNya, dan ikhtiar dengan selalu waspada di segala sesuatu ...

No comments: