Friday, January 25, 2008

pagi-pagi iradio pagi ini ...

Seperti biasa, kurang lengkap kalo nggak ada gurindam Poetri Suhendro sama M. Rafiq untuk mengawali hari, dan pagi ini topiknya "masuk sekolah pagi jam 06.30".

Banyak orang tua yang resah dan gelisah melihat putra dan putrinya yang menuntut ilmu pagi-pagi sekali untuk ukuran jakarta, namun banyak juga yang tidak merasa keberatan dengan aktifitas pagi anak sekolah yang malas sekali dilakukan olleh orang dewasa.

Dan kalau saya coba kembali ke masa-masa sekolah dulu, terkadang saya masih nggak percaya dengan apa yang saya lakukan dulu demi menuntut ilmu. [catatan : saya bukan seseorang yang haus akan ilmu, apa yang saya lakukan tak lebih dari hanya menunaikan kewajiban saya ... he he he ]

SD kelas 4 saya masuk kelas unggulan yang harus masuk jam 6 pagi dan pulang jam 2 siang, bahkan mulai kelas 5 saya ada tambahan pelajaran malam hari setiap hari di rumah guru saya, dan kelas 6 pagi mulai jam 6 pulang jam 3.30 sore dan masih ada bonus lagi malam hari di rumah guru saya. Hasilnya tak mengecewakan lah ... silakan lihat data 10 besar NEM SD tertinggi Kabupaten Bondowoso tahun 1999/2000 ... nama saya tertulis di sana ....

SMP kelas 1 masuk siang, nggak terlalu sibuk. Kecuali kalo ada kegiatan OSIS. Kelas 2 setengah tahun pertama masuk jam 6.45 tapi sering pulang sampai jam 2 siang [catatan : harusnya saya pulang jam 11.30 atau 12.30] karena ada pembibitan buat lomba MIPA atau kalau nggak acara OSIS. Dan saat kelas 3 inilah rekor terpecahkan, pagi ke sekolah jam 5.30, pulang jam 12an dan dilanjut bimbel Primagama sore harinya. Hasilnya nggak beda jauh dengan 3 tahun yang lalu, silakan ke Diknas Kab.Bondowoso, cari data 10 NEM SLTP tertinggi, dan temukan Wahyu Kurnianto di salah satu listnya ...

SMK lebih gila lagi ... mulai dari kelas 1 sampe kelas 3 sekolah mulainya jam 6.15 pagi dan diakhiri jam 2 siang ... Kelas 1 sore hari habis oleh Paskibra, SBA (Seni Baca Al Quran), SAC (Sandhy Putra Art Club) dan tidur sore ... Kalau kelas 2 porsi tidur sore lebih banyak dan hanya berkurang untuk kegiatan OSIS atau kalau lagi pengen ngerjain adek2 di Paskibra di hari selasa sore. Dan hampir mendekati rekor, tapi masih belum bisa memecahkan rekor baru adalah di kelas 3 masuk jam 6.15, pulang jam 2 siang, sore bimbel phi be ta, kerja TA, belajar buat ujian akhir [catatan : untuk yang satu ini jangan terlalu dipercaya ;)], plus pelatihan cisco academy yang kadang mbuat saya jengkel gara-gara menghabiskan waktu makan siang saya. Dan hasilnya ... liat pada list lulusan terbaik angkatan 12 SMK Telkom Sandhy Putra Malang.

Satu lagi tambahan adalah waktu PSG [catatan : PSG mirip sama PKL atau KP atau KKN] tahap pertama. Penempatan di Telkom Catel Situbondo [catatan : jarak situbondo-bondowoso adalah 33km yang biasa ditempuh 1 jam dengan kendaraan bermotor]. Jam 5.45 saya harus sudah siap di jalan raya depan rumah nunggu orang telkom situbondo yang nantinya berangkat bersama-sama ke kantor. Jadi berangkat jam 5.45 dan pulang kantor jam 4.30 dan baru tiba di rumah jam 6.00 bahkan lebih kalau naik kendaraan umum. Dan hasilnya, saya jadi punya tokoh inspirasi bagaimana saya nantinya akan menghadapi dunia kerja. Ya walaupun saat ini sama sekali belum bisa saya terapkan ... he he he

Hasil terbesar dari semua perjuangan bangun pagi itu adalah saya saat ini ... dihadapan anda, dengan segala yang saya punya dan segala yang saya rasakan ...

Menilik dari apa yang sudah saya lakukan dan saya dapatkan, saya terkadang masih tidak percaya dengan apa yang telah saya perbuat hingga berbuah hal-hal yang sama-sekali tidak terbayang sebelumnya. Hanya saja saat ini saya masih mencari-cari kemana diri saya yang dulu ?? Haruskan hanya karena kondisi ini semua perjuangan saya menjadi sia2 ?

1 comment:

Unknown said...

wah blognya mas angkatan 12. Salam kenal mas :)

Saya dari 20