Wednesday, May 21, 2008

earth

Beberapa hari yang lalu oprek-oprek Lappy full Virues-nya si Telo [bukan nama sebenarnya, tapi sudah dikenal hingga pelosok dunia], coba cari video-video yang bisa di tonton. Karena biasanya si Telo ini update terus yang namanya film-film bajakan donlotan dari internet, baik film yang pemainnya lebih dari 2 orang dengan biaya produksi besar maupun film yang pemainnya cuma 2 orang dengan biaya produksi pas-pasan sampe-sampe nggak bisa beli kostum [You know what I mean kan ??] ...

Maka masuklah saya ke dalam folder 'refresh' tapi nggak ada film bagus di sana, lalu masih di drive yang sama masuklah saya ke folder 'movie'. Eh, ternyata isinya film-film horor barat, akh nggak seru, kurang serem ... Masih kalah serem kalo dibanding sama Jelangkung [just info : film ini adalah film yang mbuat saya nggak berani tidur di kamar gelap seminggu lebih] atao Pocong 1,2, dan 3 ... Dan hasilnya masuklah saya ke folder yang ada tulisan "earth" dan ingatan saya melayang ke beberapa hari sebelum saya akhirnya terdampar di folder dengan tulisan "earth" tersebut ...
beberapa hari sebelumnya,

Pulang kantor, sambil sarapan nonton oprah winfrey show [nggak perlu dijelaskan mengapa saya sarapannya justru pulang kantor, bukan kalo berangkat kantor] topik waktu itu yang dibahas adalah tentang global warming dan film dokumenter dari Discovery Channel tentang banyak hewan yang mulai gelisah nggak bisa makan. Nah, usut par usut film itu judulnya "earth" dan akan segera tayang di bioskop. Tapi saya nggak yakin film ini bakalan tayang di Bioskop Indonesia ...

kembali ke masa kini ...

Tapi waktu itu nggak langsung nonton, baru beberapa hari setelah itu *tepatnya kemaren* baru bisa nonton. Maklumlah ... orang sibuk semacam saya kalo nggak pas liburan mana bisa bersantai nonton film di rumah ...

Garis besarnya, film itu menceritakan tentang keadaan Beruang Kutub (Polar Bear), Gajah Afrika, sama Paus [jenisnya nggak tau saya ... lha wong pake bahasa inggris, trus nggak bawa kamus pula ... Pokoknya itu ikan namanya IKAN PAUS ;) ] dan mari kita ceritakan kehidupan mereka ...

bagian 1, beruang kutub

si beruang berkata dalam hari sambil bergumam dan sesekali berteriak *bayangkan sendiri ya temans ... * wah ... abis tidur ngeramin anak-anak kan harusnya badanku susut ya ... eh tapi bener kok, ini aku dah berasa agak entengan ... tapi kok es-es ini gampang jebol seeh, padahal kan aku dah kehilangan separuh berat badan ... perasaan dulu ndak gitu dey ... atau aku yang emang kegemukan ??? tuch kan, kejeblos lagi ...

bagian 2, gajah afrika

setelah bermigrasi selama musim kemarau lintas afrika dan tibalah di suatu tempat dimana dulu si gajah-gajah ini biasa minum dan di sana si gajah (G) bertemu dengan segerombolan singa (S) yang juga minum ...
G : eh singa, apa loe lihat-lihat ... nggak pernah liat gajah minum ? atau nggak pernah liat singa nginjek gajah ??? eh salah ... gajah nginjek singa ???
S : enak ajah, loe tuch kalee nggak pernah lihat singa ngemut anak gajah ... kasian dey anak-anakmu jah ...
G : sambil nyembur singa pake air pake belalainya ... emang kenapa anak guwe ? emang seeh anak gajah gak seimut anak singa, tapi kan anak singa ma anak kucing nggak ada bedanya ... jangan-jangan anak-anak loe kayak anak kucing di jakarta yang nggak punya nyali kalo ketemu ma tikus got di jakarta sono .... ha ha ha ...
S : anak loe tuch lebih menderita ... masa' kecil-kecil dah jadi gajah ... ha ha ha ha ...
G : sialan loe !!! eh tapi kamu ngerasa ada yang aneh nggak nga ? jatah air kita diambil sapa ya ? kok jadi sedikit gini ...
S : loe to kalee, nyedotnya terlalu kenceng, makanya minum pake lidah dunk kayak aku, jangan nyedot pake belalai ... boros kan namanya ...
G : enak ajah ... ini aku dah ngirit banget minumnya ... inget nggak dulu kita kan bisa berenang bersama di kolam ini ... sekarang, jangankan berenang, lha berendam ajah nggak muat ...
S : kita berenang ??? kita ??? loe ajah kalee, gue nggak ... :p eh tapi bener juga loe jah ... kayaknya kita lagi di hukum dey sama Tuhan. Kalo loe di hukum karena nggak berhasil diet, kalo aku dihukum karena kelewat males ... jadinya Tuhan ngurangin jatah air buat kita ...
G : ya ampyun ... bener juga kalee ya ... tapi aku denger manusia itu nggak pernah kekurangan air lho ... kata si tarsan itu manusia itu sering banget buang-buang aer ... malahan di Jakarta kalo dah bulan Februari melimpah dengan air, yang kata tarsan seeh namanya banjir ...
S : owww ... kalo gitu kita ekspansi ajah ke jakarta tiap bulan februari buat minum sepuasnya di sana ... OK jah ... ntar ketemuan di monas ya ...
G : tapi nga, ke jakartanya kita naek apa ??? aku nggak mau naek KRL ekonomi lho dari afrika ...

bagian 3, ikan paus

si ikan paus bermigrasi dari perairan hangat di khatulistiwa ke perairan yang lebih dingin untuk makan plankton di sana. Dan si ikan paus (Paus/P) bermigrasi berdua dengan anaknya (Anak/A) yang masih kecil, senasib dengan gajah, masih kecil-kecil dah jadi paus ...
A : ma, kita dah jauh banget neeh jalan, tapi kok belum nyampe-nyampe juga seeh ???
P : sayang, bukan jalan, tapi renang ... ingat sayang, kita ini kan di air bukan di darat ... sama satu lagi, kalo ada yang manggil kita ikan paus, sembur ajah ya ... bilang ajah kalo kita ini mamalia dan bukan bangsa ikan, walaupun kita tinggal di air ...
A : tapi ma, aku kan dah capek jalan ... eh renang ding ...
P : sabar sayang ... sebentar lagi ...
A : yach ... mama ... dah pegel neeh ...
P : sayang, kayaknya kita dah nyampe dey, sistem nafigasi mama menunjukkan kita dah di koordinat yang benar ... kita sampe anakku ... ayo buka mulut kita lebar-lebar ... kita sedot semua plankton yang ada di sini ....
A dan P : AAAaaaaaaaaAAAAAaaaaAAAA
A : akh ... mama curang, masa' planktonnya mama sedot semua, aku kan nggak kebagian ma ... ayo mama keluarin lagi, aku kan laper ma ...
P : eh, enak ajah ... ini mama belum nyedot lho sayang, cuma nganga doang ... mama kan nggak tega liat kamu dah kelaperan gini ...
A : iya ma, tapi mana planktonnya ... mama salah koordinat kalee ...
P : sayang di tempat ini tahun-tahun sebelumnya mama makan, malah mama dan papa pernah makan malam bersama di sini sebelum kita mama dan papa 'bikin' kamu ...
A : tapi kok planktonnya abis ya ma ? apa dah keduluan ma paus yang lain ? eh atau bangsa manusia sekarang dah suka makan plankton juga sekarang ?
P : akh nggak juga sayang ... serakus-rakusnya paus, kita pasti masih mikirin paus2 yang lain, nggak bakalan kita abisin ... tapi tau dey kalo sama manusia, mereka kan terkenal mahluk paling rakus ... ayo dey sayang kita renang lagi, kita terusin perjalanan, di depan pasti masih bisa kita temukan makanan buat ganjal perut kita ini ...
akhirnya, si Paus meneruskan perjalanan yang harusnya sudah bisa mereka akhiri, namun karena plankton belum mereka temukan, terpaksa mereka harus berjalan lagi. Sambil berenang, si Paus berdoa pada Tuhan dalam hati ... Ya Tuhan, kasihan anak-anakku nanti Tuhan ... pasti mereka susah cari makanannya, ini planktonnya pada kemana ya Tuhan ? dimakan sama manusia ya ? Ya Tuhan, tolong buat rasa plankton ini jadi nggak enak buat manusia, mereka sudah makan apa ajah, masa' makanan paus diembat juga ... atau kalo saya ada dosa, ampunilah Tuhan ... kalo keadaan gini terus, seberapa jauh lagi anak-anak saya harus berenang demi sesuap plankton ???

Catatan :
Film Earth mengingatkan kita akan bahaya global warming yang akan terjadi kalau kita tidak menghentikannya mulai saat ini juga, kisah mencairnya es di kutub sehingga si beruang sudah nggak punya tempat tinggal lagi, atau si gajah yang nggak lagi bisa puas minum, atau si paus yang nggak lagi bisa makan kenyang adalah sebagian kecil dampak pemanasan global yang terjadi saat ini ... untuk itu ... lets save the earth

No comments: