Wednesday, April 18, 2007

dedikasi ...

Kemaren pas pulang kantor, diperjalanan pulang, tiba-tida saya terinspirasi oleh sebuah kata yang sebenarnya jarang aku dengar tapi setelah saya mendengar kata-kata itu benar-benar membekas dalam ingatan saya "DEDIKASI" yah 8 huruf yang sampai saya menuliskan tulisan ini belum mengetahui secara pasti apa artinya. Tapi bang google telah membantu saya dan munculah "Dedikasi adalah kewajiban yang mengharuskan untuk tidak menguntungkan diri pribadi, baik secara langsung maupun tidak langsung, dalam bentuk materi atau lainnya, berkat fungsi yang dilaksanakannya yang berkaitan dengan kepentingan dan tekanan dari pihak ketiga, dalam bentuk apapun juga, dengan maksud selalu menghormati dan menjunjung tinggi kebersamaan hak dan kedudukan setiap warga negara."

Saya yakin anda tidak akan mengerti sepenuhnya kalimat diatas hanya dalam sekali baca, tapi mari coba kita telaah lagi kata perkata agar saya bisa mereview seberapa besar dedikasi saya terhadap perusahaan ini.

Kalau coba saya kupas arinya pokoknya adalah mengharuskan diri sendiri untuk tidak mengambil keuntungan pribadi dalam bentuk apapun dan dalam keadaan apapun dengan tujuan menjunjung tinggi kebersamaan dan persamaan hak dan kedudukan tiap warga negara. Keuntungan pribadi menurut saya banyak macamnya, bukan hanya keuntungan yang nampak mata seperti halnya materi, tapi suatu manfaat non materi berupa kepuasan dan kesenangan juga merupakan kesenangan pribadi dalam pandangan saya. Sedangkan menjunjung tinggi hak dan kedudukan menurut hemat saya hal ini sangat berhubungan dengan peraturan dan norma-norma yang ada.

He he he kalau di lihat dari beberapa parameter diatas rupanya saya masih jauh dari memiliki dedikasi dalam berkarya .... faktanya :
  • Dalam hal mengambil keuntungan materi nampak dalam beberapa hal diantaranya : saya masih sering memakai telepon kantor demi kepentingan pribadi saya seharusnya telepon hanya digunakan untuk kepentingan customer; beberapa hari lalu saya me'nilap' obat flu yang ada di kotak obat di loker yang seharusnya tidak boleh dibawa pulang padahal tiap karyawan dah diberi jatah tunjangan kesehatan masing-masing; tiap pagi sepulang kantor botol air minum saya selalu penuh dengan air yang saya ambil dari pantry, padahal air minum yang saya bawa tidak digunakan untuk kepentingan kantor sama sekali ....
  • Kalau keuntungan non materi faktanya adalah saya lebih suka nonton tv atau browsing kesana kemari daripada cek CPR, saya lebih suka up date blog saya ini daripada update CPR, dan saya juga lebih suka terlambat masuk kantor daripada on time ... dan juga saya lebih suka menelantarkan kewajiban saya dibanding menjalankannya karena ada kepuasan tersendiri saat menghindar dari kewajiban ... :p
  • Kalau dalam hal peraturan ... he he he kayaknya ini juga tidak kalah banyak ... tapi sepertinya kok nggak etis pelanggaran yang sering dilakukan ... saya hanya tidak ingin disebut sebagai keledai yang suka melakukan kesalahan yang sama, makanya saya tidak akan menyebutkan kesalahan saya dan menganggap itu sebagai bukan kesalahan jadi kalo saya mengulangi kesalahan saya, maka bagi saya itu bukan kesalahan yang kedua ... he he he [ngeles mode ON]
Kalau dilihat dari beberapa parameter di atas, layakkah saya disebut sebagai orang yang berdedikasi ? dan mengharap perusahaan memberikan dedikasinya kepada saya ? mengharap HRD memberikan dedikasi yang maksimal bagi diri saya dengan memberikan ID card, slip gaji tiap bulan, asuransi, atau memperjuangkan kenaikan gaji saya ???

Pantas nggak ya saya minta itu semua ? pantes nggak ya saya menuntut dedikasi orang lain sedangkan dedikasi saya masih perlu dipertanyakan ?

tanya kenapa ...

1 comment:

Anonymous said...

klo saya berdedikasi..:-> angkat telpon nomor satu....tidur paling akhir...gag pernah telat.....gag pernah minum dipantry...gag pernah telpon untuk kepentingan pribadi....update CPR setiap saat....gag pernah nonto TV makanya gaji saya ******** (sensor)