Sunday, April 8, 2007

gimana ya ? saia sendiri bingung ...

Dari hasil long weekend saya yang maju satu hari, didapatkan beberapa suntikan bagi jiwa saya yang kering dan hampir mati ... [padahal gak sebegitunya lho ... cuma rada suntuk ajah ... ;;)]

Begini ceritanya ...

mr X --> adalah seorang teknisi di sebuah maintenance facilities di maskapai penerbangan terbesar negeri ini untuk selanjutnya akan saya tampilkan dalam huruf miring saja ...

Gimana yu ... kerjanya ? stress apa nggak ??

Haduh ... saya bingung kalo harus menjawab pertanyaan semacam ini ... kalo saya dah nggak semangat mau ke kantor gara-gara mulai bosan dengan semuanya apakah ini salah satu pertanda stress ? dan kalau saya mulai mengeluh dengan kondisi perusahaan apakah ini pertanda perusahaannya yang sedang stress ? Saya bingung, saya apa perusahaannya yang stress ? Maka akhirnya saya memastikan pertanyaan diatas dengan sebuah pernyataan yang konyol ...

Gimana ya Oom ... dibilang stress ya nggak, tapi kok rasanya masih sering males ke kantor ... he he he

Nggak ... maksudnya kalo di tempat saya kan kadang kita masih harus belajar terus menerus, cari referensi kesana sini baru bisa kerja, atau kalo nggak bakalan ketinggalan .... Kalau disana gimana ?

oOo... wah kalo itu nggak banget Oom ... malahb dikatakan di tempat saya kerja segalanya sudah jelas, kita kerja berdasarkan SOP yang sudah pasti, jadi gak perlu bingung-bingung lagi waktu kerja ... kecuali kalo nggak tau SOPnya gimana pasti jadi kelimpungan dan jadi orang yang paling bego' di kantor sama kaya' saya waktu awal kerja dulu ... dan sampe sekarang ... he he he ...

Pembicaraan akhirnya beralih ke topik yang lain karena topik ini dirasa kurang enak untuk dibicarakan ... terlalu subjektif untuk menentukan stress tidaknya saya ...

Dah mulai kuliah kan ? gimana kuliahnya ganggu kerjanya nggak ?

Alhamdulillah nggak, cuma kerja saya saja yang mengganggu tidur malam saya ... he he kerja malem euy ... begadang ... begadang ...

He he he ... yah begitulah kalo jadi operator ya kerja begadang terus ... , tapi Oom salut lho sama kamu, keputusanmu ambil kerja dulu cukup bagus ...

Lho kok ??

Begini, bidang IT apalagi bidang networking, kaya' yang diprovide sama perusahaan tempat kemu kerja sekarang memang lagi booming-boomingnya sampai 5 dan 10 tahun kedepan pun atau bahkan bisa lebih lama lagi, IT masih akan selalu berkembang dan prospeknya pun masih akan cerah

Amin ...semoga saja, perusahaan bisa memenagkan kompetisi ;)

Back to point, misal, kalo kamu sekarang kuliah, 3 atau 4 tahun lagi baru masuk dunia kerja, maka belum tentu prospek di dunia kerja dengan basic skill yang kamu dapat masih kompatible dengan teknologi yang saat itu diterapkan ... Kalau pun masih sesuai, maka setidaknya kamu sudah mencuri start terlebih dulu dengan mengantongi pengalaman kerja, apalagi kalau kamu sekarang dah mulai kuliah maka 3 atau 4 tahun lagi kamu secara level pendidikan dah sama dengan temen-temenmu yang kuliah, dan satu nilai plus lagi, kamu sudah mengantongi skill dan pengalaman dari dunia kerja ...

Hmmm ... hmmm

Tapi disana (kantor) bagaimana prospek ke depannya ?

Gimana ya ... kayaknya semua masih bergantung sama tingkat pendidikan, pengamatan saya dari senior yang sudah-sudah selama masih belum mengantongi S1 maka karir akan tersendat, karyawan tetap maybe yes, tapi naik pangkat maybe no ... he he he

hmmm... makanya kamu langsung ambil kuliah ... biar gak ketinggalan to ...Terus berjuang aja yu ... sekarang memang akan terasa sulit, tapi coba lihat apa dibalik perjuanganmu sekarang 4 atau 5 tahun lagi ... ditempat saya kerja saja lulusan S1 digaji 1,3 jt dan status masih kontrak, banyak dari mereka yang nggak tahan dan keluar dan harus memulai segalanya lagi dari titik nol, dan Oom pikir memulai lagi dari nol bukan suatu perkara mudah, rugi waktu, yang ujung-ujungnya pasti akan menghambat laju karier nantinya. Jadi bisa dipastikan pada usia yang sama dimana orang yang mampu berjuang dan tidak akan berada dalam tingkat kesuksesan yang berbeda. Ini bukti nyata lho yu, dari beberapa teman-teman Oom ... Jangan pikirkan gaji dulu, digaji 10 jt sebulan yang namanya manusia pasti akan selalu kurang ...

Ooo ... gitu ya ...

Intinya itu, segalanya harus benar-benar dalam rule yang jelas, mau jadi apa nanti di masa depan, dan kalau itu sudah jelas, jangan tunda-tunda lagi untuk memulainya, dan kalau itu terasa berat, pertanyaannya adalah "Adakah suatu kesuksesan yang diawali tanpa perjuangan?"

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Tulisan ini telah mengalami proses editing seperlunya karena memang tidak mungkin untuk mencatat secara persis isi pembicaraan saya tempo hari. Yang pasti isinya tidak berubah dari apa yang saya tangkap dalam dialog singkat menjelang magrib ini. Dan buat yang kurang berkenan dengan tulisan saya di atas, mohon di maafkan, yakin saja ALLAH lah yang telah mengatur semuanya, dan tidak akan ada yang salah ketetapan ALLAH

4 comments:

Anonymous said...

Mohon bimbingannya...saya masih bingung dengan masa depan saya...saya gak yakin dengan kemampuan saya...jadinya gak bisa fokus ke satu hal....terima kasih telah membaca email saya...

Anonymous said...

dan saya juga. saya gak tau langkah apa yang telah saya ambil. saya serasa gamblang. gak tau arah ...
saya sendiri aja bingung langkah apa kedepan yang harus saya lakukan. dan menurut saiya, be carefull dalam menentukan jalan hidup.

Anonymous said...

yuhu...turut menyumbang kata.
Menurutku, klo mo sukses itu jangan stuck sampai di satu titik aja. Hanya karena kita sudah merasa puas dengan apa yang kita dapatkan. Bukannya gak bersyukur. Sabar memang perlu, tapi usaha akan sangat membantu.
Keep fighting..bro!!

wahyukurnianto said...

seep ... usaha adalah bekal utama dan sabar adalah pendamping yang gak bisa dipisahkan ... terengkyu ndrunk ... ;;)