Friday, May 25, 2007

ha ha ha ha ...

Harinya hari kamis, jam-nya aku nggak ingat pasti, tapi yang jelas dah malam secara waktu itu lagi kelas kewirausahaannya Pak Pambuko ... dan ini kelas kewirausahaan pertamaku ... \:D/

Pelajaran upss salah ding ... mata kuliah maksud saya ... :D yang saya ikuti seperti namanya mengajak dan membimbing para mahasiswanya untuk memiliki pandangan dan pengetahuan tentang enterpreneurship. Dan di salah satu materinya dosennya mengajukan beberapa pertanyaan diantaranya ...

dosen : salah satu objek study seorang wirausahawan adalah kemampuannya dalam merumuskan tujuan hidup ... saya percaya anda semua memiliki tujuan hidup tetapi masalahnya adalah pada perumusan tujuan hidupnya. Nah ... sekarang apa tujuan hidup anda ?

seluruh mahasiswa terdiam seribu bahasa, bahkan bahasa tubuhpun tidak ada yang terlontarkan ....

saya [dalam hati] : rahasia dunk pak ... enak saja mau tahu tujuan hidup saya, dan harus siungkapkan di depan kelas lagi ... ih ... senarsis-narsisnya saya, gak bakalan ngumbar kehidupan pribadi saya di depan kelas, apalagi tentang tujuan hidup ... ha ha ha ... masak planing buat nikah, punya anak, punya kedudukan di kantor mau dibahas dimuka forum ??? gimana neeh dosen kok aneh banget ... ck ck ck ...

Selanjutnya Mr. Pambuko bertanya lagi, dan kali ini membahas unsur-unsur kewirausahaan.

dosen : selain motivasi, seorang entrepreneur harus mempunyai visi hidup yang jelas. Mengertikah anda apakah visi itu ? sekali lagi seluruh kelas terdiam ... kalau dari bahasanya, visi berasal dari kata-kata vision yang bermakna tujuan, pandangan. Dari pengertian ini seharusnya sudah bisa dipahami apa arti dari visi. Salah satu contoh mudah adalah apa visi perusahaan anda ?

saya [dalam hati] : mak jlep langsung menusuk hati ku ... karena aku sama sekali gak tahu apa visi dan misi perusahaan yang tiap bulan mengirimkan uang ke rekeningku ... payah ...

eits ... tapi jangan salah dulu ... saya memang benar-benar nggak tau apa visi dan misi perusahaan ini maupun ini. Tapi memang bukan salah saya kok ... saya nggak pernah ikut basic training, jadi nggak tau apa visi dan misi perusahaan, terus di dinding kantor saya juga cuma terpasang 6 jam dinding tanda waktu 6 belahan dunia yang berbeda dan beberapa AC dan initial healtcare [alat yang membuat ruang kerja saya tetap wangi sepanjang hari] sama sekali tidak ada pajangan yang bertuliskan visi dan misi maupun motto perusahaan ... Kalau diruang lobby hanya ada backdrop yang dinyalakan kalau lagi ada tamu saja yang isinya hanya motto perusahaan. Hal berbeda saat saya PSG di sini dimana temboknya penuh tulisan tulisan motto perusahaan sampai saya pernah menganggapnya kayak taman kanak-kanak saja ... bahkan sampai wallpaper di PC juga gak bisa di set sembarang gambar. Semua harus di set sesuai dengan kepribadian perusahaan. Malah salah banyak rekan saya yang kerja di sini gondok gak bisa masang gambar kesayangan sebagai wallpaper karena gak gak punya hak akses sebagai administrator.

Tapi saya tidak menyerah, sebelum saya menuliskan tulisan ini, saya coba membuka salah satu halaman di kalender terbitan kantor yang terbit hampir 3 bulan setelah tahun baru ... isinya cuma ada Identity, Motto, Strategy, Product and Service, QoS ... nah kan gak ada kan visi dan misi perusahaan ini ... apalagi perusahaan ini ... tambah gelap ajah tuch ...

dosen [melanjutkan materi] : karena biasanya memang setiap perusahaan pasti mempunyai visi dan misi. Bahkan yang namanya visi mulai jajaran GM sampai OB pasti tau visi perusahaan kedepan. Jadi nantinya setiap unsur perusahaan berusaha untuk mewujidkan visi perusahaan tersebut. Kalau misi memang setiap divisi bisa berbeda-beda. Karena tiap divisi memiliki cara sendiri-sendiri dalam mewujudkan visi perusahaannya.

saya [lagi-lagi dalam hati] : ha ha ha ha semakin jauh dari kehidupan saya apa yang dibahas dosen ini ... kesimpulannya ... jadi jangan salahkan saya kalau tujuan perusahaan ini tidak tercapai. Ya bagaimana bisa tercapai kalau tujuannya saja saya nggak tahu ... :p

Sudahlah ... akhirnya saya bisa tersenyum sendiri di kelas malam itu. Sampai akhirnya saya pulang kuliah bersama beberapa karyawan perusahaan ini.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

teman : eh laba bersih indosat naik 26 % lho, pendapatan terbesar dari selular ... moga-moga bonus keluar neeh ...
teman lain : eh apa ikut tahun depan yak ... soalnya bonus yang lalu kan baru ajah keluar
teman lain lagi : masak seeh ... semoga keluar dech bonusnya ...

saya [lagi-lagi dalam hati] sambil berharap arah pembicaraan ini segera berlalu karena saya adalah satu-satunya yang 'berbeda'. Bukan hanya berbeda tempat kerja, tetapi juga berbeda bonus ... jika sampai salah satu teman saya tadi bertanya "bonus tahun ini di tempat kamu gimana yu?" maka tammatlah riwayatku .... sedih yah ... harus tetap tersenyum sambil masang tampang ikut bahagia lihat teman dapat bonus, sementara kata-kata 'bonus' harus dibuang jauh-jauh dalam kehidupan saya.

teman saya [melanjutkan pembicaraan] : call center Indosat dapat peringkat pertama juga lho, kedua dipegang Telkomsel ...
teman saya lagi : wajar lah ... nggak kayak Fren, gak pernah diangkat tiap kali aku call, soko 20 panggilan paling cuma siji sing diangkat [dari 20 panggilan paling hanya satu yang diangkat] iku pun untung-untungan [itupun jika beruntung]

saya [dan lagi-lagi dalam hati] : semua pasti kalah sama call center [helpdesk] nya perusahaan ini ... nggak pernah ada telepon yang nggak diangkat, semua pasti berujung pada penyelesaian yang sangat memuaskan hingga penyelesaian dengan surat pemberhentian langganan [dismantle]. he he he ...

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Di dalam angkot saya juga terlibat pembicaraan yang cukup menarik ...

teman saya : lowongan sing wingi piye yu ?
saya : oh ... iku mas ... shift yo mas ?
teman saya : iyo yu ... koncoku sing pertamane minat, begitu krungu kata-kata shift langsung berubah pikiran ...
saya : aku seeh jane minat mas ... tapi yo kuwi ... wingi suasana kantor lagi mendukung gawe tetep bertahan neng kono ... ha ha ha ha

Padahal kondisinya adalah "Situasi masih panas dan tidak memungkinkan saya untuk resign" gak ada yang salah kan dengan statement saya "suasana kantor lagi mendukung gawe tetep bertahan neng kono" ha ha ha

Buat para citrawan dan citrawati sejati pasti mengerti apa maksud dari statement saya ... apalagi dengan kedatangan surat wasiat itu ... he he he he he

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Waktunya makan ... secara dah lama gak makan di cak nur, maka malam itu saya putuskan untuk makan di sana ... Ketemu sama rekan seperjuangan ... gak ada yang aneh dengan penampilan seseorang sepulang kantor ... yang aneh hanya sesuatu yang bertengger di saku atau menggantung di leher mereka masing-masing .... apakah itu ??? yap !!! ID CARD ... ha ha ha sesuatu yang sudah lama saya idam-idamkan ...

Ah sudahlah ... saya bosan membahas masalah ini ... he he he

2 comments:

ekaisna said...

Ga tau mesti tersenyum atau ....gimana yach....
Mengingatkan aku dimasa- masa yang telah lalu. Walah kayak apa ae . hehehe. Yang pasti aku merindukannya semuanya di sana setelah baca tulisanmu ini :)Kangen sama kalian semua...
Yang penting SEMANGAT TERUS........Yu
Seperti apa yang pernah kamu bilang ke aku

wahyukurnianto said...

harus tetep tersenyum mbak ... walau kerja siang malam, walau kerja tanpa bonus, walau gaji kadang telat trus gak naik-naik juga ...

ha ha ha ...

semoga isih iso SEMANGAT ... he he he