Tuesday, May 1, 2007

may day ... maybe yes ... maybe no ...

Pagi ini saya awali dengan bangun pagi dengan cukup malas, sangat malas bahkan ... he he he ... Secara semalam saya sampai rumah jam 9.30 malam dan baru bisa tidur jam 10 malam dengan kondisi super lelah dengan tambahan sedikit masuk angin maka lengkaplah penderitaan saya pagi ini.

Bergegas ke kantor, seperti biasa lewat bundaran HI. Berhubung hari ini adalah hari buruh dan sesuai rencana serta sesuai kebiasaan akan ada demo buruh besar-besaran di Jakartaku tercinta ini. Terlihat ada segerombolan Polisi lengkap dengan banyak tameng, kendaraan lapis baja dan perlengkapan perang lainnya. Cukup ironis memang, Bundaran HI yang seharusnya bisa jadi tempat wisata, malah menjadi tempat mangkal para pendemo sebelum akhirnya long march ke Istana Negara.

Hari ini adalah hari buruh, hari dimana seolah waktu yang tepat untuk demo dan bolos kerja bagi para pendemo. Di dalam busway, terpikir olehku apa seeh perbedaan buruh dan karyawan ? mengapa yang demo kok hanya karyawan pabrik, dan mengapa buruh kantoran nggak ikut demo ? saya heran .... Padahal kan nggak ada bedanya karyawan dengan buruh ! UU No.13 tentang ketenagakerjaan juga berlaku bagi karyawan kantor maupun buruh pabrik. Jadi gak ada beda lah ... buruh kelas tinggi = karyawan, karyawan tingkat rendah = buruh ... ha ha ha ha ....

Nah kalau saya ini masuk golongan mana ya ? buruh tingkat tinggi apa karyawan tingkat rendah ? dari iRadio tadi pagi penyiarnya mencoba mendefinisikan perbedaan karyawan dan buruh, secara kasat mata dan pandangan masyarakat, buruh itu kerjanya siang malam, biasanya di pabrik, gajinya 1 koma sekian [baca : satu juta sekian], gak ada tuntutan untuk berpakaian rapi dan necis, pekerjaannya berkutat dengan mesin-mesin besar, dan biasanya tidajk terlalu membutuhkan keahlian tinggi, dan biasanya juga gak perlu ID card buat ke kantor. Sedangkan karyawan biasanya kerjanya di kantoran, kerjanya cuma dari jam 8 pagi sampe sore, pakaian kerjanya rapi, biasanya punya ID card.

Nah saya ini masuk yang mana ? saya sendiri bingung .... gaji saya satu juta sekian [buruh], saya kerja di kantoran [karyawan], tapi saya gak punya ID card [buruh], pekerjaan saya gak terlalu membutuhkan keahlian tapi kudu pinter juga seeh ... [setengah karyawan dan setengah buruh], saya juga kerja siang malem [buruh], tapi saya dituntut berpakaian rapi [karyawan] .... hayoooo ada yang bisa bantu saya .... ????

happy may day ....

No comments: