Wednesday, December 6, 2006

jujur donk ...

Sebuah kenyataan pahit :

Saat akan bertransaksi dengan pedagang buah dengan kualitas sedang, maka si pedagang buah akan menyatakan bahwa buah-buahnya semuanya dalam kualitas yang terjaga alias semuanya manis. Walaupun setelah kita beli rasa manisnya hilang berganti rasa dengan rasa yang lain.

Saat seorang sales marketing menawarkan produknya, maka yang akan ditonjolkan adalah sisi plus dari barang yang dibawanya. Sisi minusnya tidak akan pernah diutarakan. Kalaupun si pembeli cerdas dengan menanyakan sisi minus-nya, maka dengan cerdas si sales akan mengatakan, hal itu tidak terjadi pada produk yang dia bawa sambil merendahkan barang lain yang sejenis.

Saat iklan kontak jodoh, yang disebut hanya sifat-sifat baik saja seperti penyayang, pengertian, perhatian, dll sedangkan sifat buruk yang lain tidak akan pernah diutarakan

Saat gaji terlambat di transfer yang dijadikan alasan adalah masalah administrasi yang tertunda.

Bawahan menyatakan telah bekerja dengan maksimal, walaupun sebenarnya bukan hasil yang memuaskan. Si atasan memanipulasi data dari bawahan untuk di serahkan pada pimpinan. Pimpinan mengelabui bawahan tentang adanya ketidak beresan.

Saat wawancara kerja, pihak HRD selalu menceritakan berbagai keberhasilan perusahaan, berbagai fasilitas yang akan diberikan tanpa menjelaskan mengapa akan mengambil karyawan baru. Untuk melebarkan sayap perusahaan atau sekedar mencari karyawan pengganti. Bahkan perusahaan pun yang mencari karyawan pengganti tidak akan menceritakan bahwa sebenarnya perusahaan telah kehilangan tenaga kerja. Alasan mengapa perusahaan kehilangan tenaga kerja pun tidak akan pernah dijabarkan. Atau bahkan perusahaan tidak menelusuri penyebabnya.

Parahnya, saat wawancara kerja, calon karyawan yang notabene butuh pekerjaan meng-iya-kan saja segala syarat yang diajukan perusahaan. Walaupun perusahaan menyadari bahwa hal itu akan menyusahkan karyawan. Pihak perusahaan tidak meyakinkan atau mungkin bahkan tidak menceritakan kepada calon karyawan bahwa sebenarnya hal itulah yang menyebabkan hilangnya beberapa pendekar di perusahaannya.

Tak ada yang sempurna di dunia ini, tapi kejujuran bisa mengantarkan pada kesempurnaan kita sebagai mahluk yang tunduk dan mengakui kekurangan kita dihadapanNYA

No comments: