Sunday, December 31, 2006

catatan akhir tahun ...

Sebuah catatan akhir tahun sebagai bahan perenungan dan revisi demi sesuatu yang lebih baik di masa yang akan datang utamanya di Tahun 2007 yang akan datang dalam beberapa saat lagi

Dalam tulisan ini, mungkin akan jadi tulisan yang panjang, karena tulisan ini adalah review beberapa peristiwa penting dalam sejarah kehidupanku di tahun 2006 he he he ...

Januari 2006
Bulan ini aku awali dengan merayakan tahun baru di tempat kost sawojajar (aku masih duduk di kelas 3 KMS Moklet) pada bulan ini aku mengalami 2 peristiwa yang gak bisa aku lupakan, paling tidak sampai saat ini. Bulan dan Tahun 2006 nggak aku awali dengan sesuatu yang meriah, lagi sibuk mempersiapkan Tugas Akhir, dan yang aku ingat bulan itu aku lagi terserang males syndrome akut jadi males mau kemana-mana.

Peristiwa pertama adalah peristiwa terhubungnya aku dengan pihak berwajib dalam hal pelanggaran hukum. Inilah saat pertama aku ditilang. Ceritanya waktu itu aku naik motor mau foto buat ijasah. Di alun-alun Kota Malang, ada lampu merah kuning hijau. Aku merasa nggak melanggar tanda di lampu lalu lintas, tapi ada polisi yang memberhentikan aku dan menyatakan aku melanggar lampu lalu lintas dan 'marga' *polisi ini kayaknya perlu sekolah lagi masa menyebut marka dengan marga ?* jalan. Pelanggarannya senilai 30 ribu untuk lampu lalu lintas dan 25 ribu untuk 'marga' jalan. Bisa dibayar di pengadilan atau bayar ditempat *Pak Polisi yang akan membayarkan dan mengurus semuanya ... polisi yang baik hati pikirku xixixi... *. Secara aku nggak mau repot, maka langsung saja bilang bayar ditempat. Maka Pak Polisi dengan senang hati menerima uang tersebut, tanpa memberikan tanda terima apapun atau surat keterangan apapun. Akhirnya sejak saat itu kepercayaan saya terhadap kepolisian menjadi hilang. Lha bayar uang kebersihan RT saja ada tanda terima, nah ini pelanggaran lalu lintas yang bisa dimaafkan dengan membayar sejumlah uang yang akan masuk kas negara masa' gak ada tanda terimanya ? masuk kas negara atau kas pribadi ? .... seharusnya iklan tanya kenapa ada dua versi satu versi seperti yang ada sekarang, dan yang kedua versi polisi yang menerima suap dan sering memalak pelanggar lalu lintas ...maafkan saya jika tulisan saya ini pedas, tapi saya juga sedikit yakin bahwa gak semua yang saya tulis bener, ada juga polisi yang jujur dan profesional.


Peristiwa kedua adalah sebuah hal yang menyakitkan sekaligus menggembirakan nantinya. Akhir Januari adalah saat pembagian raport semester V. Terkejut bukakn main saat aku mendapati angka 16 di baris peringkat kelas. Terhenyak dan terkejut mendapati angka itu. Sepanjang riwayat pendidikanku, nggak pernah ada dua angka yang bertengger di baris peringkat kelasku. Saat itu sempat pengen 'makan' dunia. Merasa dunia ini nggak adil. Aku merasa dah berusaha jujur dan berlaku fair dalam mencari nilai. Tapi mengapa hasilnya seperti ini ? Tapi seseorang menyemangatiku dan menasehati bahw yang terpenting adalah bukan mengapa kita jatuh tapi bagaimana kita bisa bangun dan berlari kembali, bukan bagaimana hasil yang kita capai tapi usaha maksimal kita dalam mencapai sesuatu itu yang paling penting. Bukannya segala sesuatu Tuhan yang menentukan ? tugas kita adalah berusaha semaksimal mungkin, perkara hasilnya serahkan pada yang Mahakuasa. Thanks thanxs !

Februari-Maret 2006
Dua bulan ini banyak dihabiskan untuk mengerjakan Tugas Akhir. Menyenangkan sekaligus menyesakkan. Menyenangkan saat semua sudah selesai. Menyesakkan saat itu jika harus merelakan waktu berjam-jam di depan laptop dengan rangkaian huruf dan desain yang harus segera diselesaikan. Ditambah dengan tugas sekolah yang lain, ditambah masalah dengan sponsor, ditambah dengan masalah interen kelompok yang bikin makan hati. Tapi semua alhamdulillah bisa berakhir dengan sesuatu yang menyenangkan.

Dua bulan ini juga sangat menyenangkan dimana Pak Beje (KS Moklet) tunduk pada semua kehendak Kretek12 (Forum angkatan12). Mulai dari minta pengunduran waktu ujian TA, mempermudah proses perijinan untuk pulang lebih awal untuk pengerjaan TA, hingga minta libur dengan alasan ingin pengerjaan TA tidak terganggu dengan urusan yang lain termasuk pelajaran sekolah .... he he he ...

April 2006
Diawali dengan ujian Tugas Akhir. Kelompokku dapat jadwal pertama di hari kedua. Semua sudah dipersiapkan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari infocus, PC Client dan Server, Laptop, Slide persentasi, hingga kostum yang akan dipakai. Semua persiapan sudah kami lakukan sebaik mungkin. Tapi, manusia hanya bisa berencana, Kuasa Tuhanlah yang menentukan semuanya. Sore hari sebelumnya kami sudah memastikan bahwa semua sudah dalam kondisi ready to use sampai kami mengesampingkan saran guru pembimbing untuk menyiapkan back up jika terjadi hal yang tidak diinginkan. Tapi kenyataan berkata lain, pagi hari 30 menit menjelang sidang, PC server gak berfungsi, USB Mouse (dipakai di lapttop untuk presentasi) tiba-tiba mati. Gedubrak ... bahkan hingga tim penguji memasuki ruangan, server masih gak bisa diakses. Akhirnya presentasi dimulai dengan menggunakan tauchpad alhasil presentasi tersendat karena masih belum terbiasa menggunakan tauchpad. Masalah server alhamdulillah tidak menjadi masalah kerena judul TA kami, walau menyinggung masalah networking, namun karena hanya maintenance, maka saat presentasi gak butuh demo networking. Sistem Informasi yang dibuat meskipun berbasis web, namun berhubung nggak di on-line kan, maka server juga tidak dibutuhkan. Alhasil Tugas Akhir benar-benar berakhir dengan hanya beberapa revisi yang hanya merubah 3 halaman dari sekian ratus halaman yang ada.

Setelah ujian TA, yang ada adalah masa persiapan Ujian Nasional. Kadang kami sampai perlu kembali ke sekolah pada sore hari demi tambahan pelajaran. Bahkan hari minggu pun, masih harus ke sekolah demi memantapkan penguasaan materi UNAS. Alhasil kami sempat jenuh dengan masa persiapan UNAS yang terlalu lama, karena setelah ujian TA, maka pelajaran produktif sudah tidak begitu diperhatikan, yang ada hanya pelajaran yang berhubungan dengan UNAS atau Ujian Sekolah.

Gak hanya itu, bulan ini masih ada ujian sekolah, ujian praktek, dan try out UNAS. Jadi bulan ini adalah bulan tersibuk sepanjang masa sekolah. Namun kami masih juga sempat merayu kepala sekolah untuk mengijinkan libur di hari yang terjepit diantara hari libur nasional. Akhirnya sempat rehat dan mudik ke bondowoso sebelum perang utama (UNAS) digelar ...

Mei 2006
Bulan ini berlangsung perang UNAS yang kelak akan menentukan nasib dan sejarah hidupku. Mau lulus atau nggak, tergantung pada perang itu. Ujian berlangsung selama tiga hari. Ujian Bahasa Indonesia tidak terlalu sulit, namun juga tidak mudah, Matematika malah dapat dikatakan sangat mudah, sedangkan Bahasa Inggris sangat keluar dari perkiraan bahkan dapat dikatakan mendapat predikat ujian terberat. Namun semua alhamdulillah dapat kami selesaikan dan perang tersebut ditutup dengan wisata ke Bali keesokan harinya.

Saat di Bali adalah masa-masa terakhir kami bersama. Saat yang terlalu mahal untuk dilupakan. Kami harus merelakan kebersamaan kami selama 3 tahun ini akan segera berakhir, masa-masa setelah ini adalah masa-masa dimana kami harus mencari peruntungan nasib kami sendiri-sendiri.

Sebagai catatan, bulan ini adalah pertama kalinya aku keluar pulau jawa dan naik kapal laut, kesimpulannya ... gak lagi dech kalo keluar pulau naik kapal laut ...

Juni 2006
Setelah semua rangkaian kegiatan pendidikan SMK berakhir, maka masa-masa sesudahnya adalah masa penantian penentuan nasib saya selanjutnya. Masa-masa itu diisi dengan mulai mencari pekerjaan dan training untuk sertifikasi CCNA dan Oracle.

Waktu itupun tiba. Pengumuman kelulusan datang. Alhamdulillah hasilnya memuaskan. Satu angkatan berhasil lulus 100% dan bukan hanya itu, nilai yang kami dapat juga sangat memuaskan. Sebanyak 80an dari kami mendapat nilai sempurna untuk Matematika dan 2 siswa mendapat nilai sempurna Bahasa Inggris. Dan untuk rata-rata nilainya semuanya diatas sembilan ! what's a surprize ... gak percuma dulu sering minta libur ...it's amazing ... :-)

Akhir bulan Juni adalah waktu melepas seragam putih abu-abu yang sering dikenakan hampir setiap hari. Saat wisuda tiba. Dan sebuha kejutan datang lagi dalam kehidupan saya. Saya jadi lulusan terbaik tahun ini. Gak menyangka karena nilai NUN saya tergolong rendah jika dibandingkan dengan teman-teman saya yang lain. Alhamdulillah ... gak ada sesuatu uyang sia-sia, dan janji Allah adalah tepat !

Juli 2006
Setelah wisuda nasib masih belum jelas karena belum dapat pekerjaan. Namun TUhan tidak ingin saya terlalu lama berada dalam ketidak pastian. Awal Juli saya dipanggil untuk wawancara dan menjalani serangkaian test oleh perusahaan tempat saya bekerja sekarang. Semua berjalan seperti mimpi saat itu, dimana saya banyak diberi kemudahan dan kelancaran.

Bulan Juli terus melaju dan saya lalui dengan berharap-harap cemas pada perusahaan tersebut karena hingga akhir bulan belum juga ada kepastian mengenai nasib saya. Masa itu banyak saya habiskan dengan bersenang-senang di Bondowoso.

Agustus 2006
Belum ada pengumuman juga dari perusahaan, hingga mendekati pertengahan Agustus saya menerima panggilan untuk segera berangkat ke Cikarang dan memulai segalanya disana.

September 2006
Mulai kerja shift. Mulanya biasa saja tapi kok lama kelamaan berat juga ya ? hanya waktu yang bisa menjawab karena semuanya baru saja dimulai, gak baik memuntahkan makanan yang belum dikunyah ... *sebuah ungkapan baru karya saya sendiri ... xixixixixixiixiiii*

Oktober 2006
Mulai merasakan kejenuhan, namun terhibur dengan bulan Ramadhan dan mudik lebaran. Walaupun sempat depresi saat menerima banyak kejutan akhir bulan.

November 2006
Masa-masa sulit untuk mecoba selalu kuat bertahan terhadap segala hal yang masih belum sepenuhnya bisa aku laksanakan dengan penuh keikhlasan. Harapku semoga segalanya segera berakhir.

Desember 2006
Diawali dengan hilangnya HP dan beberapa barang lainnya. Dan bulan ini adalah bulan yang cukup produktif buat saya mengisi blog dengan tulisan yang gak penting dan membosankan. Bulan ini juga bulan dimana aku resmi menjadi seorang mahasiswa di sebuah universitas swasta di Jakarta.

Sudah akh ... capek saya, sudah nggak ada ide lagi mau nulis apa. Selanjutnya review apa yang aku rasa, lihat, dan dengar akan insyaAllah terupdate di blog ini.

No comments: